Jika Anda sudah siap untuk mulai membangun sebuah bisnis, namun terkendala karena tidak memiliki modal untuk membuka toko sendiri, pertimbangkanlah untuk memulai bisnis secara online. Jika Anda memiliki toko online, Anda dapat menjangkau jutaan konsumen lebih daripada siapapun yang pernah menjalani bisnis. Anda pun tak perlu membayar sewa toko. Namun, seperti bisnis lain, Anda tentu memerlukan produk yang sangat baik dan rencana pemasaran yang solid.

Kalau Anda mau meluangkan waktu untuk belajar, kini Anda bisa menghasilkan uang secara online. Beberapa bisnis online yang bisa dilakukan, misalnya berjualan di Instagram  atau membuka toko di situs Markeplace, maka Anda sudah dapat menghasilkan uang tambahan setiap bulannya. Bisnis online lain, misalnya menerbitkan niche website yang ramai atau menerima pekerjaan menjadi seorang freelancer, apalagi jika Anda benar-benar fokus meluangkan waktu secara full time membangun bisnis online. Maka semua model bisnis online ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang yang berlimpah.

Jika Anda masih kebingungan untuk memulai bisnis online. Bacalah panduan cara memulai menghasilkan uang dari bisnis online dibawah ini yang paling sesuai untuk Anda.

5 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Online  :

1. Berjualan di Instagram (Online Shop)

Instagram sudah lama sekali menjadi salah satu jenis media sosial andalan bagi pebisnis Online Shop. Mulai dari yang bisnisnya baru merintis hingga yang sudah sukses serta terkenal dimana-mana. Menggunakan fasilitas fitur Instagram memang sangat menguntungkan. Selain praktis karena hanya dengan meng-upload photo produk saja maka Anda sudah bisa berjualan dan mendapatkan banyak orderan setiap hari. Mengapa demikian? Ini disebabkan karena Instagram selalu diakses ratusan ribu user dari berbagai macam daerah setiap jamnya oleh karena itu peluang mendapatkan banyak pelanggan juga makin besar.

Berikut panduan memulai berjualan di Instagram :

  1. Ketahui dasar-dasar penggunaan Instagram.
  2. Aturlah profil publik. Bio dan profil Anda adalah cara pembeli mengetahui latar belakang Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi bio online shop. Di sini, Anda bisa memperkenalkan online shop Anda, menjelaskan produk, dan kontak yang bisa dihubungi seperti WhatsApp, apa pun yang menarik pengguna Instagram. Jangan lupa juga menaruh foto profil gambar online shop Anda, Anda juga bisa mendesain sendiri gambar toko online sesuai selera Anda.
  3. Pilihlah username akun online shop yang menarik. Nama online shop harus mudah diingat dan terkait dengan apa yang ingin Anda jual. Carilah nama online shop Anda di Instagram untuk memastikan tidak ada orang yang menggunakan nama toko yang sama dengan Anda.
  4. Perhatikan kualitas photo produk. Ambil foto yang baik dan menarik untuk gambar produk yang akan di upload pada Instagram Anda, pastikan pencahayaannya bagus dan gunakan caption menarik. Tersedia banyak panduan untuk memotret foto yang baik. Selanjutnya, pastikan deskripsi produk Anda menarik. Jelaskan mengapa orang menginginkan produk Anda.
  5. Tambahkan #hashtag populer yang berkaitan dengan produk Anda setiap kali mengunggah gambar produk di Instagram. Hashtag juga memiliki peran yang sangat kuat untuk mendatangkan traffic pengguna Instagram mengunjungi akun online shop Anda.
  6. Buat konten menarik untuk dibagikan kepada pengikut online shop Anda dan promosikan produk Anda dengan berbagai macam cara seperti endorse selebgram.

Baca juga : Cara Jitu Jualan Di Instagram Untuk Pemula

2. Berjualan di Marketplace

Buatlah akun di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Pilihlah salah 1 marketplace, misalnya Tokopedia atau Anda juga boleh mencoba semuanya. Anda bisa mulai membuat toko dan menjual barang dengan sangat mudah di Tokopedia. Anda biasanya diwajibkan memberikan informasi pribadi misalnya nama toko dan alamat Anda, dan Anda harus memberikan informasi harga produk dan mengenai proses pengirimannya.

Setiap transaksi penjualan yang terjadi dana akan masuk ke rekening Tokopedia, dana akan ditahan sementara, sampai Anda mengirimkan barang dan pembeli sudah konfirmasi telah menerima barang, barulah dana akan masuk ke saldo akun dan bisa ditarik ke rekening Anda.

Beberapa tips berjualan di Tokopedia :

  • Cari barang yang lagi Trending : Ketahuilah tren barang. Tentunya, semakin populer suatu barang, semakin banyak orang yang akan mencari barang tersebut. Mengetahui tren barang adalah sebuah keahlian, dan keahlian ini wajib dimiliki para penjual yang ingin sukses agar gak asal menebak barang apa saja yang akan laku dijual. Namun demikian, Tokopedia memiliki cara untuk mengetahui barang apa saja yang sedang populer.
    Kunjungi halaman utama Tokopedia dan pilih menu “Hot List” maka akan bermunculan produk apa saja yang lagi trending yang sedang laku dijual di Tokopedia.
    Ingatlah jika suatu barang sedang trending, maka akan banyak penjual lainnya yang menjual barang yang sama. Akan sulit menjual barang pada kategori yang telah dipenuhi penjual lainnya. Penting untuk memikirkan berapa lama suatu barang bisa terjual, dan berapa lama Anda akan menunggu barang tersebut terjual. Ingatlah bahwa tren bisa berlalu dengan cepat, dan stok barang Anda bisa tiba-tiba tidak laku.
  • Photo produk : Tambahkan foto yang jelas mengenai barang tersebut. Gunakan beberapa foto yang menunjukkan benda itu dari sudut yang berbeda-beda. Singkirkan semua hal yang tidak penting yang ada di latar belakang karena bisa mengalihkan perhatian dari barang yang Anda jual. Gunakan pencahayaan alami daripada menggunakan lampu kamera (flash). Ambil gambar dari jarak dekat (close up) sehingga orang bisa melihat barang tersebut secara detail.
  • Tulis deskripsi produk : Tulis deskripsi yang lengkap mengenai produk tersebut, seperti ukuran, warna, atau desain. Sertakan juga sebuah informasi yang lebih detail agar meningkatkan kemungkinan barang itu laku. Karena pembeli tidak bisa melihat langsung benda tersebut sebelum membelinya, jadi berilah mereka informasi sebanyak mungkin sehingga mereka betul-betul mengetahui barang yang hendak dibeli.
  • Pelayanan yang baik : Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Jawab dengan cepat pertanyaan apa pun dari pembeli. Bersikaplah profesional dan sopan. Komunikasi yang positif akan membangun reputasi Anda dengan pembeli dan Anda mendapatkan langganan. Selain itu, kemas produk Anda dengan baik dan segeralah mengirimkannya. Barang yang rusak karena pengemasan yang buruk atau pengiriman yang butuh waktu lama akan membuat reputasi Anda buruk di kalangan para penjual. Kirim barang segera setelah Anda menerima pembayaran.

Baca juga : Tips Cara Jualan di Tokopedia dengan Mudah dan Cepat

Ngomong-ngomong, ternyata sangat mudah untuk memulai berjualan di Marketplace, karena ada 100 ribu lebih pembeli potensial yang mengaksesnya, Anda mungkin bisa menjual barang Anda segera setelah Anda memasang produk di toko .

3. Bisnis Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah bisnis yang sangat diminati dan juga populer di dunia Internet. Model bisnis ini sebenarnya sejak dulu sudah ada, cuma namanya aja yang sekarang terdengar lebih keren yaitu “Affiliate”, padahal dari dulu aktifitas bisnis seperti ini sudah tak asing yaitu bisnis makelar atau perantara.

Affiliate Marketing adalah model bisnis rekomendasi, artinya Anda sedang merekomendasikan suatu produk/jasa kepada orang-orang yang mungkin akan tertarik pada produk tersebut. Jika mereka membeli dari link Anda, maka Anda berhak untuk mendapatkan sebuah komisi.

Langkah memulai bisnis Affiliate Marketing :

  1. Carilah produk yang menyediakan program Affiliate
  2. Dapatkan link affiliate
  3. Promosikan produk affiliate Anda

Mencari produk yang menyediakan program affiliasi sangatlah banyak bertebaran di internet, Anda bisa mengetikkan kata kunci “website affiliate” di google, maka Anda akan menemukan situs website yang secara khusus menyediakan beragam produk affiliasi untuk Anda promosikan.

Setelah menemukan, Anda hanya perlu mendaftarkan diri Anda dan pilih produk yang ingin dipromosikan, Anda juga akan diberikan link khusus affiliasi produk. Nantinya link ini akan berfungsi sebagai kode khusus untuk mengenali darimana pembeli berasal, apabila data asalnya pembelian karena orang melalui klik link dari Anda, maka Anda berhak mendapatkan komisi.

Ketika seorang visitor mengunjungi halaman website affiliate Anda dan meng-klik sebuah banner link yang kemudian diarahkan ke website merchant, pada saat itu sebenarnya ada sebuah  proses yang terjadi di belakang layar.

Sebuah Cookies, yang berfungsi untuk menyimpan jejak data situs-situs yang pernah di kunjungi di peramban browser pembeli pada saat mereka melakukan klik link affiliasi ke website merchant. Cookies ini berguna untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari link affiliasi mana sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam pemberian komisi ke affiliate lain.

4. Monetize Website atau Blog Anda : Google Adsense

Mendapatkan penghasilan online dengan cara monitize sebuah situs website tentu bukanlah suatu hal yang baru Anda dengar lagi. Ada beberapa cara agar situs Website dapat menghasilkan pundi-pundi uang dari Internet, salah satunya dengan bergabung melalui media periklanan.

Media iklan monetize website yang paling diminati oleh banyak Blogger adalah dengan bergabung menjadi publisher di Google Adsense.  Google Adsense adalah suatu program periklanan online yang dimiliki oleh perusahaan raksasa internet Google, Inc., Google menawarkan program Adsense ini kepada semua orang yang memiliki konten pada website atau blog.

Program Google Adsense adalah jenis periklanan online dengan sistem Pay Per Click (PPC). Dalam sistem PPC ini seorang publisher Google Adsense akan mendapatkan komisi jika iklan Adsense yang ditampilkan pada website/blog mereka diklik oleh pengunjung yang memang tertarik pada iklan yang muncul pada website/blog tersebut.

Jadi jika ada pengunjung yang melihat iklan Google Adsense kemudian pengunjung tersebut tertarik pada suatu iklan dan meng-klik-nya, maka si pemilik website/blog tersebut akan mendapatkan komisi.

Komisi per-klik dari iklan Adsense sangat bervariasi tergantung seberapa besar pengiklan (advertiser) ingin membayar untuk iklan mereka pada program Google Adwords, mulai dari yang terendah yaitu sekitar $0,01/klik hingga beberapa dollar per-kliknya.

Agar blog bisa mendapatkan kunjungan oleh banyak orang, maka Anda harus menyiapkan beberapa strategi untuk membangun blog Anda, dengan memperlihatkan kemampuan teknis Anda untuk menulis postingan blog. menulis konten artikel yang berisi topik menarik . Blog Anda juga sebaiknya berisi beragam topik daripada hanya 1 topik yang Anda tulis untuk pengunjung Anda.

Melalui Google Adsense, Anda bisa memasang sebuah kode di halaman web Anda sehingga bisa memunculkan iklan. Anda akan dibayar ketika pengunjung mengeklik iklan tersebut.
Anda juga bisa menjual ruang iklan di situs web Anda.

Jadi dalam program Google Adsense ini, semakin banyak konten pada blog
Anda maka kemungkinan akan semakin banyak pula pengunjungnya, dan jika
pengunjungnya semakin banyak, maka penghasilan Adsense Anda pun kemungkinan
akan semakin besar. Konten blog bisa berupa artikel, gambar, video, dan informasi
lainnya yang bermanfaat bagi orang lain.

5. Bisnis Dropship : Berjualan Tanpa Perlu Repot Stok Barang

Bisnis Dropship adalah suatu cara yang sangat efektif untuk Anda, jika tertarik untuk memulai berjualan online, namun terkendala karena tidak mempunyai produk. Loh, gimana caranya berjualan kalau tidak mempunyai produk? Caranya adalah dengan mencari suplier yang menyediakan layanan jual barang secara Dropship.

Konsep Dropship adalah Anda menjual barang dagangan milik orang lain dan Anda akan berperan sebagai perantara antara pemilik produk dan calon pembeli.

Tugas Anda hanya perlu mencari suplier yang bisa diajak kerjasama untuk layanan Dropship. Jika sudah “DEAL” Anda boleh memasarkan produk mereka, berupa barang atau gambar produk dengan menaikkan harga produk. Misalnya saja harga barang dari suplier adalah Rp.15.000 maka bisa Anda jual kembali seharga Rp.20.000 dari selisih harga inilah Anda nantinya akan mendapatkan keuntungan. Ingat, tugas Anda sebagai seorang Dropshipper adalah mendapatkan keuntungan dengan cara menaikkan harga dari produk suplier.

Jika ada orang yang tertarik melihat penawaran produk Anda maka mereka akan menghubungi dan membeli dari Anda. Kemudian tugas Anda sebagai Dropshipper adalah menghubungi dan membeli dari suplier untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli Anda. Menariknya sistem bisnis Dropship adalah, suplier akan mengirim barang ke alamat pembeli atas nama diri Anda atau Toko Online Anda. Dengan sistem seperti ini, maka pembeli Anda pun tidak akan pernah tahu, kalau Anda sebenarnya adalah seorang Dropshipper.

Keuntungan bisnis Dropship adalah tanpa modal sama sekali dan Anda tidak perlu menyimpan stok barang.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Dropship

Meskipun menarik, tapi kalau sampai suplier Anda kerjanya tidak beres, nakal, maka Anda akan terkena masalah. Seperti suplier curang dengan mengirim nama toko mereka sendiri dan telat mengirim barang atau bahkan sama sekali gak dikirim.

Kunci sukses bisnis Dropship adalah menemukan suplier yang baik. Temukan cara Dropship aman, mudah dan terpercaya >>> Klik Disini <<<.alterntif text

Membangun sebuah bisnis online bisa saja mudah, bisa pula sulit, tergantung apakah Anda melakukan riset dengan baik dan membangun fondasinya sebelum memulai. Anda bisa menghasilkan uang dari bisnis online jika menjalankan langkah-langkah yang penting dan tidak melupakan hal-hal esensial yang diperlukan oleh bisnis online agar bisa berhasil.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here