Pengguna Internet di Indonesia semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa. Angka tersebut meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya, yakni tahun 2016 yang tercatat mencapai 132,7 juta jiwa.

Data tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII).

Anda pun sudah bisa melihat ke lingkungan sekitar atau bahkan ke diri Anda sendiri bahwa kebiasaan orang sekarang jauh berubah. Sekarang semakin banyak orang yang malas bergerak karena semuanya serba mudah dan efisien. Bagaimana tidak, sekarang mau pesan ojek, taksi, belanja, pesan makanan, pijit, dan lain sebagainya bisa diakses langsung hanya dari genggaman.

Fungsi gadget sekarang mungkin sudah seperti kebutuhan pokok. Orang lebih memiliih ketinggalan dompet dibandingkan ketinggalan gadget. Suatu perubahan pola yang luar biasa berbeda dibandingkan generasi 90an.

Dari perubahan tersebut, pastinya Anda tidak ingin berperan hanya sebagai penonton dan konsumen bukan? Apalagi jiwa Anda yang membaca artikel ini adalah jiwa anak muda yang suka berpetualang dan menemukan hal baru.

Karena banyak sekali anak muda yang telah menghasilkan banyak uang dari bisnis online ini. Jika saya dan mereka bisa, maka begitu juga dengan Anda.

Bisnis online begitu luas, ada begitu banyak ragam, ada begitu banyak peluang yang bisa Anda terjuni.  Anda tinggal memilih yang cocok untuk Anda.  Yang pasti adalah  belumlah terlambat untuk memulainya sekarang, terutama di Indonesia.

Saya akan share kepada Anda bagaimana cara menghasilkan uang melalui bisnis online.

1.  Jual Produk Fisik (Online Shop)
Model bisnis seperti ini pastinya sudah tidak asing di kepala Anda, karena Anda pun mungkin sering membeli produk secara online melalui sosial media ataupun marketplace. Cara menjual produk fisik ini bisa Anda lakukan dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sama sekali yaitu dengan sistem dropship.

Anda cukup mencari supplier yang terpercaya, kemudian jualkan produknya dengan modal foto saja tanpa stok barang. Kemudian Anda bisa mengambil profit dari selisih harga modal dan harga jual yang Anda inginkan.

Anda bisa melihat lebih lengkap polanya memulai bisnis di website ini. https://www.alona.co.id/bisnis/step-by-step-memulai-bisnis-untuk-anda-yang-modalnya-minim/ .Jangan remehkan dropshipper karena banyak alumni pasukanalona.com memiliki income puluhan juta – ratusan juta rupiah hanya dengan menjadi dropshiper.

2.  Jual Jasa / Keahlian
Di era yang serba mudah ini, Anda bisa menjual keahlian Anda melalui sosial media, Google, atau Facebook. Apapun keahlian Anda bisa dijual secara online, menjualnya pun tidak harus ke perusahaan besar. Banyak juga UKM atau perorangan yang membutuhkan jasa Anda.

Beberapa contoh jasa yang dibutuhkan:
–  Service AC
–  Copywriter / Penulis
–  Penerjemah
–  Design
–  Fotografi
–  Jasa Therapy
–  Dan lain sebagainya
Banyak juga orang di Indonesia yang saya tahu, juga menjual jasa melalui website-website outsourcing seperti Fiverr.com, Elance.com, ODesk.com, Freelancer.com dan masih banyak lagi website lainnya. Dapat income dollar.

3.  Jual Informasi / Knowledge (Ilmu)
Bisnis ini biasa disebut dengan infopreneur. Jika Anda ahli pada bidang tertentu, Anda bisa menjual ilmu atau informasi Anda kepada orang lain melalui media tulisan, audio, video, atau juga seminar atau training.

Penulis buku, public speaker, trainer, coach, konsultan dan sejenisnya sebenarnya masuk model bisnis informasi ini. Tapi Anda tidak harus sudah jadi penulis buku, speaker atau trainer untuk bisa terjun ke bisnis informasi ini.

Anda bisa menjual ilmu Anda dalam bentuk buku, CD, DVD, Webinar, Consulting, Coaching, dan lain sebagainya yang tentunya bermanfaat untuk banyak orang serta mendatangkan income untuk Anda.

4.  Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah suatu sistem pemasaran dengan menggunakan internet, dimana si pembuat produk memberikan komisi kepada affiliate (makelar) jika berhasil mengajak orang lain untuk membeli produknya. Pelaku affiliate marketing ini biasa disebut affiliate marketer.

Ada beberapa keuntungan menjadi affiliate marketer, yaitu:
1.  Tidak perlu membuat produk
2.  Tidak perlu stok dan packing barang
3.  Tidak perlu CS karena disediakan oleh vendor
4.  Bisa dikerjakan dimana saja
5.  Bisa dikerjakan sebagai sampingan

Salah satu tempat yang bisa menampung Anda menjadi affiliate marketer adalah https://affiliate.yubimall.com/

5.  Jual Tools / Sistem / Aplikasi
Di dunia online banyak sekali tools, sistem atau aplikasi yang dibutuhkan banyak orang. Entah untuk para penggiat bisnis ataupun para pengguna pada umumnya. Saya pribadi sering menjual tools buatan orang lain untuk membantu bisnis banyak orang seperti Gramcaster, Instantoko, dan banyak lainnya.

Jika Anda memiliki kemampuan dibidang pemograman, Anda bisa membuat tools sebagai solusi dari masalah orang lain.

Semoga sharing kali ini bermanfaat untuk Anda dan semoga sukses di bisnis online yang Anda pilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here