Pengguna Instagram yang terus bertumbuh dari waktu ke waktu membuat pihak Instagram terus menerus meng-upgrade fitur-fiturnya.

Maka tidak heran jika para pebisnis online sangat menyukai platform satu ini.

Selain fitur-fiturnya menarik, Instagram sangat mudah digunakan dalam proses pemasaran produk maupun jasa Anda.

Namun, tidak semua bisa bekerja dengan baik, maka dari itu, Anda perlu memahami beberapa strategi yang dapat menunjang bisnis Anda.

Lantas, apa saja strategi yang tepat untuk menunjang bisnis Anda?

Berikut 5 strategi yang dapat Anda coba dalam melakukan pemasaran di Instagram:

1. Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag di Instagram bisa dikatakan tidak berbeda jauh dengan penggunaan hashtag yang ada pada sosial media lainnya.

Namun yang membedakannya adalah fungsinya.

Fungsi utama hashtag di Instagram adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Jika Anda mem-posting sesuatu lalu menggunakan hashtag, maka postingan Anda dapat dilihat oleh audiens lain bahkan bisa masuk ke jajaran explore di Instagram.

Anda juga bisa menciptakan hashtag Anda sendiri. 

Misalnya akun Instagram Anda adalah akun khusus menjual hijab, maka Anda bisa menggunakan hashtag dengan nama brand/toko Anda, seperti contoh, #vanillahijab.

Sehingga brand atau toko Anda lebih mudah ditemukan.

Baca juga: Cara Menemukan Hashtag Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

2. Bekerjasama dengan Selebgram/Influencer

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menunjang bisnis Anda adalah melalui kerjasama dengan Selebgram maupun Influencer.

Biasanya kerjasama ini terjalin jika bisnis Anda sudah mulai berkembang.

Anda bisa melakukan kerjasama ini sebulan sekali.

Dan pastikan Selebgram dan Influencer yang Anda pilih sesuai dengan niche Anda.

Misalnya, Anda menjual produk hijab, maka Selebgram atau Influencer yang Anda pilih harus menggunakan hijab.

Kenapa?

Agar followers dari Selebgram atau Influencer yang Anda pilih lebih tertarget.

Jika Selebgram atau Influencer mempromosikan hijab Anda, maka followers mereka akan tertarik dan kemungkinan akan membeli produk Anda.

Nah, itulah yang disebut dengan The Power Of Influence.

Baca juga: 4 Teknik Riset Artis Dan Selebgram Untuk Promosi

3. Mengikuti Perkembangan Tren

Tidak selamanya mengikuti tren itu buruk.

Strategi yang satu ini bisa menjadi cara ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda.

Tapi dengan kata lain, Anda harus tetap pada jalur yang sama.

Misalnya, Anda menjual casing handphone, lalu tren casing handphone yang sedang nge-hits adalah casing handphone yang bisa dicustom, maka Anda bisa mengikuti tren tersebut dengan cara menjual produk yang sudah ada namun dengan inovasi yang terbaru.

4. Gunakan Fitur-fitur Yang Tersedia

Instagram memiliki berbagai macam fitur.

Mulai dari Insight, IGTV, Instagram Story, Direct Message dan sebagainya.

Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menunjang bisnis Anda.

Bagaimana caranya?

Pertama, membuat konten semenarik mungkin.

Anda bisa membuat konten yang berkaitan dengan bisnis Anda

Misalnya, Anda menjual produk make up, maka Anda bisa membuat konten tutorial make up.

Atau Anda bisa membuat konten mengenai tips memilih make up yang bagus untuk berbagai jenis kulit.

Namun, Anda perlu memperhatikan waktu yang tepat ketika ingin meng-upload konten tersebut.

Jika Anda upload di waktu yang salah, kemungkinan followers Anda tidak akan melihat postingan Anda.

Nah, maka dari itu pentingnya untuk membuat schedule post.

Anda bisa membuat schedule post secara manual maupun otomatis.

Jika Anda memilih secara manual, Anda perlu menghabiskan banyak waktu.

Namun, jika Anda lebih memilih secara otomatis, maka Anda bisa menggunakan tools Instagram marketing.

Membuat schedule post juga sangat mempengaruhi peningkatan followers Anda.

Baca juga: 7 Strategi Memanfaatkan Fitur Instagram Story Untuk Bisnis Anda

Nah, jika Anda ingin tahu apa saja cara untuk meningkatkan followers setiap harinya bisa klik disini.

5. Berinteraksi Dengan Audiens Anda

Membangun kesadaran audiens Anda membutuhkan strategi yang tepat. 

Maka dari itu, berinteraksi dengan audiens adalah salah satu cara yang tepat dalam membantu Anda membangun engagement.

Anda bisa meninggalkan komentar maupun likes di akun yang sejenis dengan Anda maupun akun Selebgram/Influencer.

Lalu Anda bisa membalas komentar atau Direct Message dari audiens Anda atau juga membuat konten Q&A untuk memancing audiens Anda berinteraksi.

Dengan begitu, engagement Anda bisa meningkat dan otomatis penjualan Anda ikut meningkat.

Demikian 5 strategi Instagram marketing yang dapat menunjang bisnis Anda.

Kunci sukses membangun bisnis online terutama di Instagram adalah dengan mempraktekkannya.

So jangan lupa untuk langsung mempraktekkannya ya!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here