Kalau Anda sering nemuin iklan brand produk atau jasa apapun saat main sosial media jangan kaget ya, itu hal yang biasa di dunia maya
“Tapi apa alasan memilih media sosial sebagai media promosi?”
Karena fungsi sosial media sudah double, artinya tidak hanya digunakan untuk posting moment tertentu tapi membantu tim marketing atau pebisnis online untuk promosi produk/jasa mereka
Perhatikan gambar dibawah ini
Sebanyak 64% penduduk Indonesia sering mengakses dunia maya, ini artinya beberapa pengguna internet mengikuti akun media sosial dari brand yang mereka favoritkan dan sebagiannya lagi sedang mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut
Dari data diatas bisa menjadi salah satu alasan pebisnis untuk beriklan karena ada kemungkinan iklan anda akan dilirik bahkan di klik sama pengunjung
Tapi ada alasan lainnya kenapa media sosial sampai dipakai untuk sarana promosi sebuah brand, diantaranya:
A. Alasan Memilih Media Sosial Sebagai Media Promosi?
Ada 7 kenapa harus promosi di media sosial :
1. Iklan Online Terus Selama 24 Jam
Waktu adalah hal utama dari alasan memilih media sosial sebagai media promosi
Media sosial aktif selama 24 jam artinya media sosial akan terus aktif karena pengguna datang dari berbagai lokasi dan waktu yang berbeda
Jadi kebayang kalau Anda pasang iklan di media sosial kaya Instagram, Facebook, Youtube dan lainnya, iklan tersebut akan terus berjalan sesuai jadwal tayang yang sudah anda atur
Selama 24 jam anda promosi itu ada kemungkinan untuk mendapatkan customer yang potensial
2. Jangkauan Promosi Lebih Luas
Internet dan media sosial ada untuk membantu Anda terhubung dengan orang banyak dengan perbedaan waktu, jarak yang jauh dan lokasi yang berbeda
Alasan inilah yang membuat tim marketing atau pemasaran menggunakan media sosial untuk media promosi/beriklan secara online agar mendapatkan calon customer baru dari seluruh tempat dalam sekali beriklan
Belum lagi jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang semakin naik tiap tahunnya seperti Facebook ada 130 juta orang dari data Hootsuite (We Are Sosial)
Di Instagram ada 63 juta orang
Sedangkan di Twitter ada 10,65 juta orang
3. Biaya Iklan Murah
Masalah biaya juga jadi alasannya
Beralihnya cara beriklan dari offline ke online tujuannya untuk mengurangi biaya beriklan,
Karena akan percuma kalau anda keluar biaya iklan banyak tapi profitnya kecil dan gak bisa mencapai target jumlah customer yang diinginkan
Contohnya Instagram, tahun 2020 biaya iklan sudah bisa dipilih oleh pebisnis mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 10.000.000 per hari, lalu Anda bisa menentukan durasi iklan mulai dari 1 hari – 30 hari
Kalau Anda keluarkan biaya Rp. 10.000 perhari berarti total audience yang bisa dijangkau sekitar 1.300 – 3.400 orang, semakin banyak biaya yang dikeluarkan semakin banyak juga audience yang Anda dapatkan
Untuk Anda yang mau belajar beriklan di media sosial bisa baca artikelnya di Tips Beriklan di Instagram Ads
4. Calon Customer Banyak Beraktivitas Di Media Sosial
Jumlah pengguna yang semakin naik adalah alasan berikutnya pebisnis promosi di media sosial
Dari data Digital Around The World 2020, di Indonesia jumlah pengguna media sosial meningkat 12 juta (+8,1%) dari April 2019 – Januari 2020, dan untuk Januari 2020 ada 160,0 juta pengguna media sosial
Dari data ini juga menunjukkan bahwa dalam sehari sekitar 3 jam 26 menit pengguna menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial
Jumlah pengguna dan jangka waktu yang dipakai untuk main media sosial menjadi alasan pebisnis untuk beriklan di sana karena merasa ada peluang besar untuk menjangkau customer dimana dan kapan saja
5. Mudah Berinteraksi Dengan Konsumen
Media sosial berupaya untuk menawarkan iklan dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah untuk berinteraksi dengan customer
Customer lebih bisa menerima pesan pemasaran di media sosial karena media sosial memungkinkan mereka memberikan feedback langsung ke aAda
Penyampaian feedback ini beragam caranya, bisa tanya jawab kaya Instagram Stories, komen di feed, polling di stories dan lainnya
Feedback ini akan bantu Anda juga untuk lebih memahami apa kebutuhan customer Anda, mengetahui reaksi/review customer terhadap produk Anda dan menentukan produk terbaru yang sesuai keinginan pasar
6. Meningkatkan Brand Awareness
Pebisnis sangat ingin produknya dikenal banyak orang terutama customer idealnya
Maka dari itu iklan di media sosial akan bantu Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan cara menarik perhatian customer lama atau customer baru
Promosi yang dilakukan dengan membuat konten berupa foto produk, video produksi, video review, video teaser produk terbaru dan konten lainnya
Gambar diatas adalah iklan personal branding yang menceritakan perjalanan bisnis yang dibangun dari nol hingga sukses dan kasih tips cara bangkit dari kegagalan
Semakin banyak konten yang Anda buat akan memudahkan customer untuk lebih kenal dengan produk Anda
Anda juga bisa ajak customer yang sudah beli produk Anda untuk memberikan konten review, konten ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya customer terhadap produk/bisnis Anda
Seperti contoh:
Iklan video bertujuan untuk memberikan informasi lengkap dan detail dengan menampilkan visual dan audio secara bersamaan
B. Kesimpulan Alasan Memilih Media Sosial Sebagai Media Promosi
Dari 6 alasan memilih media sosial sebagai media promosi diatas harusnya bisa menyadarkan anda bahwa media sosial gak cuma bikin orang kecanduan untuk scrolling atau posting konten
Tapi media sosial bisa menguntungkan orang tertentu seperti pebisnis untuk menjangkau customer sebanyak mungkin sehingga produk/jasa anda bisa dikenal oleh orang banyak
Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke semua sosial media yang anda punya