Seberapa sering Anda bermain handphone?

Tiap jam? tiap menit? atau bahkan tiap detik?

Di zaman seperti sekarang ini kita memang ngga bisa lepas dari aspek digital.

Karena banyak sekali yang terhubung melalui internet.

Mulai dari mencari informasi, hiburan bahkan sampai stalking gebetan juga bisa.

Semuanya bisa Anda cari melalui mbah Google maupun sosial media.

Namun, sosial media lah yang paling sering disinggahi.

Kenapa?

Karena bersifat ringan dan santai.

Kalau kata anak muda zaman sekarang, hidup dibawa santai aja, ya kan?

Sosial media pun banyak jenisnya.

Dan yang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Salah satu sosial media yang paling happening yaitu Instagram.

Hampir semua kalangan pasti menggunakan platform yang satu ini.

Bukan hanya digunakan sebagai media berbagi saja, namun Instagram bisa menjadi peluang usaha yang bagus untuk Anda.

Selain itu ada beberapa alasan kenapa Instagram menjadi peluang usaha yang bagus untuk Anda.

Apa saja alasannya?

Jumlah Pengguna Aktif Yang Cukup Banyak

Pengguna aktif Instagram di Indonesia sudah mencapai 69 juta.

Kebayang dong gimana happening nya sosial media satu ini?

Nah, maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Dengan banyaknya pengguna aktif yang ada di Instagram, maka bisnis Anda bisa dengan mudah dikenal luas.

Bukan hanya dalam negri saja, namun hingga ke penjuru dunia.

Asik kan?

Jadi, mulai sekarang Anda harus memutuskan untuk take it or leave it.

Bagus Untuk Branding

Penting sekali mengenalkan “branding” Anda kepada calon pembeli.

Semakin “branding” Anda kuat, semakin besar peluang bisnis Anda berkembang.

Jadi, ciptakanlah “branding” Anda sendiri dengan semenarik mungkin.

Dan yang pasti mudah untuk dikenali.

Misalnya, Anda ingin dikenal sebagai seorang entrepreneur, maka “branding” yang harus dibangun seperti membuat konten-konten tentang bisnis, menuliskan kalimat-kalimat yang memotivasi Anda untuk berbisnis dan sebagainya.

Nah, ini juga berlaku untuk “branding” produk Anda.

Misalnya, Anda menjual produk custom, maka “branding” yang harus dibangun seperti membuat nama akun yang berhubungan dengan produk Anda, memasang hashtag khusus, tagline khusus, penataan feed yang rapi dan sebagainya.

Mudah

Jika Anda merasa gaptek alias gagap teknologi.

Jangan khawatir, Instagram sangat amat memberi kemudahan untuk Anda dalam menjalankan bisnis.

Mulai dari mempromosikan produk Anda, transaksinya hingga produk sampai ke tangan pembeli.

Karena banyak sekali fitur-fitur pendukung yang bisa Anda coba, diantaranya:

1. Editing Gambar

Untuk mempercantik gambar Anda, Anda bisa menggunakan beberapa fitur editing gambar, seperti filter, contrast, brightness, atau multiple gambar maupun video Anda.

2. InstaStory

Instastory merupakan video singkat atau gambar yang bisa Anda gunakan untuk memberikan informasi mengenai produk Anda, sharing kegiatan usaha Anda dan sebagainya.                   

3. IGTV

Mungkin Anda pernah dengar fitur tersebut?

Ini merupakan fitur yang cukup terbilang baru di Instagram.

Yap, fitur IGTV ini didesain khusus untuk pengguna yang ingin membuat video dengan durasi yang panjang.

Konsepnya pun diadaptasi oleh Youtube.

Anda juga bisa loh memanfaatkan fitur ini sebagai media Anda dalam berbisnis.

4. Tag

Fitur untuk mengetahui akun-akun yang menautkan Anda dengan akun mereka.

Contohnya, yaitu ketika followers Anda membeli produk Anda dan mereka mempostingnya lalu men-tag ke akun Anda.

5. Hashtag

Fitur ini mempermudah Anda untuk mencari akun-akun yang ingin Anda kunjungi.

Caranya?

Tentu saja dengan menggunakan kolom pencarian hashtag, contohnya seperti dibawah ini:

Selain, mempermudah Anda dalam mencari akun-akun yang ingin Anda kunjungi, akun Anda pun juga bisa dengan mudah dicari oleh akun lain.

Anda hanya perlu menggunakan hashtag yang sesuai dengan postingan Anda.

Misalnya, Anda memposting konten yang berisi soal bisnis, maka hashtag yang bisa Anda gunakan seperti, “#bisnisonline”, “#bisnisanakmuda”, “#bisnisterpercaya” dan sebagainya.

Untuk penggunaan hashtag itu sendiri yaitu minimal adalah 15 hashtag.

6. Multiple Account

Jika Anda kurang puas hanya dengan memainkan satu akun saja.

Maka Anda bisa membuat akun baru dan bisa digunakan secara bersamaan.

Yap, fitur multiple account adalah jawabannya.

Fitur ini dibuat khusus untuk Anda yang ingin menggunakan lebih dari satu akun.

Apalagi untuk Anda seorang pebisnis, pastinya fitur ini sangat membantu.

Jadi, Anda tidak perlu mencampuradukan Instagram pribadi dengan akun bisnis Anda.

Murah

Ngga punya modal untuk usaha?

Di Instagram, membuka peluang usaha modal smatphone saja.

Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk sewa tempat, bayar karyawan atau sebagainya.

Cukup duduk manis dirumah, dan jalankan bisnis Anda dengan gadget yang Anda punya.

Efektif

Anda bisa menjalankan bisnis Anda dimana saja dan kapan saja.

Bahkan ketika Anda sedang berlibur.

Nah, selain itu, kelebihan Instagram untuk bisnis adalah keefektifan dalam menentukan target pasar.

Anda bisa dengan mudah menentukan siapa saja target pasar Anda.

Misalnya, produk apa yang Anda jual, untuk kalangan kelas apa, dari usia berapa sampai berapa dan sebagainya.

Sebagai contoh, pakaian muslim, untuk kelas menengah, dari usia 15 tahun sampai 25 tahun.

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan target pasar Anda, Anda bisa mengikuti beberapa akun sejenis.

Apakah itu berpengaruh?

Tentu saja.

Karena nantinya followers mereka akan melihat keberadaan akun Anda, dan jika mereka tertarik, mereka akan mengikuti Anda.

Adanya Instagram Ads

Sebagai seorang pebisnis tentu saja Anda ingin mempromosikan produk Anda secara lebih luas.

Untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis, maka Instagram Ads pun diciptakan.

Instagram Ads memiliki banyak keunggulan yang tak kalah dengan Ads pada platform lain.

Berikut merupakan keunggulan Instagram Ads adalah sebagai berikut:

  • Bentuk iklan di Instagram Ads terlihat hampir sama seperti postingan foto atau video biasa. Sehingga, hal tersebut tidak memberi kesan yang agresif seperti tipe Ads pada platform lain.
  • Di Instagram juga memiliki sistem targeting yang sama seperti Facebook. Hal ini memungkinkan Anda sebagai penggunanya untuk memperoleh informasi penargetan yang spesifik, seperti lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, minat, dan lain-lain.
  • Instagram Ads menyediakan beberapa variasi format Ads yang beragam seperti gambar, video, atau carousell.
  • Instagram Ads juga memberi ajakan kepada para followers untuk membantu Anda dalam meningkatkan engagement, seperti dengan klik tombol follow, mengunjungi website, atau men-download aplikasi pada Instagram Ads.

Strategi Marketing Yang Tepat

Instagram merupakan salah satu strategi promosi yang paling manjur dalam berbisnis.

Yap, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa platform ini sangat happening apalagi di zaman sekarang.

Dan cara penggunaannya pun sangat mudah.

Walaupun kelihatannya mudah.

Tapi dalam menggunakan Instagram marketing Anda harus tau strateginya.

Bukan hanya sekedar posting produk, buat caption, lalu tambahkan hashtag, setelah itu upload.

Tidak semudah itu ferguso.

Karena pelaku online shop sudah banyak di Instagram.

Maka strategi yang harus Anda gunakan tidak boleh sama.

Salah satu strategi yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan dan juga meningkatkan followers sebanyak mungkin.

Gimana produk Anda mau laku, kalau followers saja ngga punya?

Nah, ini merupakan salah satu faktor penghambat dalam berbisnis.

Anda pun harus menentukan strategi apa yang tepat untuk bisa meningkatkan followers Anda.

Mau tau cara praktis untuk meningkatkan followers Anda?

Tunggu artikel selanjutnya ya!

Eitss, tapi sebelum itu, jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

So, semoga bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here