Tidak terasa 2019 akan berakhir, semoga apapun yang Anda inginkan bisa tercapai di tahun ini.

Jika belum, masih ada kesempatan di tahun berikutnya dan manfaatkan sebaik mungkin.

Selain itu, perubahan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun membuat perkembangan bisnis pun ikut melesat pesat, terutama bisnis online.

Contohnya dalam hal pemasaran di sosial media. 

Misalnya, Instagram. Aplikasi satu ini setiap tahunnya selalu melakukan pembaharuan, mulai dari, fitur-fiturnya maupun tools pendukung lainnya, seperti, fitur Insight, atau filter di Instagram story.

Baiknya, fitur ini bisa membantu Anda untuk lebih meningkatkan kreativitas.

Namun, jika Anda tertinggal, kemungkinan bisnis Anda akan “tenggelam” dibandingkan dengan kompetitor.

Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis online, Anda harus terus-menerus mengikuti perkembangan jaman.

Untuk bisa terus-menerus mengikuti perkembangan jaman, Anda bisa meniru 7 strategi sosial media marketing dibawah ini:

Membuat Tujuan Bisnis Anda

Berikut 5 tips untuk membuat tujuan bisnis Anda, diantaranya:

  1. Pikirkan rencana secara jelas, detail dan objektif 
  2. Jabarkan tujuan Anda
  3. Tulis tujuan Anda
  4. Mengatur apa saja yang perlu dilakukan
  5. Kerjakan!

Tujuannya, agar ketika dalam perjalanan bisnis Anda, dan Anda merasa keluar jalur, maka Anda bisa melihat kembali rencana yang telah Anda buat.

Baca juga: Tujuan Yang Harus Anda Miliki

Menentukan Customer Potensial

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah menentukan customer potensial.

Anda bisa menggunakan Facebook atau Instagram untuk menarik banyak pelanggan baru.

Kenapa Facebook dan Instagram?

Karena rata-rata pengguna Facebook maupun Instagram cukup banyak dan menjangkau hampir semua kalangan.

Plus, jenis postingan tersebut cukup beragam, mulai dari gambar, video dan carousell.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasarkan produk maupun jasa Anda.

Ini adalah contoh yang bagus dalam menarik customer potensial.

Apa untungnya menentukan customer potensial?

Anda bisa menjadi lebih fokus untuk berhubungan/interaksi dengan target market Anda.

Bahkan hal ini bisa membuat dampak besar pada pemasaran sosial media Anda.

Baca juga: Memahami Generasi Y Dan Z, Generasi Potensial Untuk Target Market Bisnis Anda

Membangun Relasi 

Sosial media merupakan sarana yang paling tepat untuk membangun koneksi atau relasi.

Nah, pertanyaannya, apakah selama ini Anda berusaha untuk membangun relasi dengan customer Anda?

Seperti merespon komentar di Instagram atau membalas cuitan di Twitter.

Jika Anda menganggap ini hanya menghabiskan waktu. Namun sebaliknya, ini merupakan saran yang bagus untuk membangun relasi. 

Sempatkan untuk membalas komentar setiap kali Anda posting konten, minimal 30 menit setelahnya.

Cara ini pun juga efektif untuk membangun engagement maupun menambah followers Anda.

Baca juga: Ingin Cepat Sukses? Buatlah Small Circle yang Positif Sekarang!

Bedakan Strategi Marketing Anda

Setiap bisnis memiliki strategi yang berbeda-beda, baik Anda maupun kompetitor. Baik, offline maupun online.

Strategi yang Anda gunakan tergantung platform yang Anda pilih.

Atau Anda bisa re-modelling strategi yang digunakan kompetitor.

Misalnya saja, Instagram, maka Anda bisa research beberapa konten yang viral atau sedang tren dengan menggunakan hashtag atau melihat dari akun sejenis.

Hal ini juga berlaku untuk platform lainnya. Dan tentu saja strategi yang Anda gunakan harus disesuaikan dengan target market Anda.

Re-Modelling Konten Anda

Memang membuat konten itu memakan banyak waktu.

Jadi, untuk menghemat waktu Anda, Anda bisa re-modelling konten-konten terbaik atau yang memiliki engagement paling tinggi.

Apa itu re-modelling?

Re-modelling konten adalah cara yang paling ampuh untuk menampilkan kembali bentuk-bentuk baru dari konten yang sudah ada.

Tujuannya untuk menarik banyak audiens baru.

Apakah ini berhasil? Tentu saja!

Maka dari itu, cara ini bisa Anda ikuti.

Baca juga: Bagaimana Membuat Content Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis Anda?

Arahkan ke Website/Blog Anda

Salah satu hal terpenting dalam memaksimalkan strategi Anda, Anda bisa memasukkan link Call To Action (CTA) untuk mengarahkan ke website/blog.

Misalnya, di Bio Instagram Anda, di postingan Facebook Anda, dan sebagainya.

Ini adalah tempat di mana customer potensial Anda memutuskan apakah mereka akan membeli atau tidak.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis dengan WordPress

Gunakan Pendukung Lainnya

Yang dimaksud dengan menggunakan pendukung lainnya, bisa berupa tools Instagram marketing dan jenis tools lainnya.

Atau mentor untuk membantu bisnis Anda.

Tools memang bisa membantu dan memudahkan pekerjaan Anda.

Namun, mentor yang tepat bisa menjadi teman terbaik Anda.

Menemukan mentor yang tepat memang tidak mudah. Anda perlu merogoh kocek yang besar, belum lagi ilmu yang Anda dapatkan tidak setimpal. Hasilnya? Zonk.

Cuma di 21harikuliahig.com Anda bisa mendapatkan ilmu senilai bintang lima tapi harga kaki lima.

Ilmu apa saja yang akan dibagikan?

  • Pertama, strategi memproduksi konten yang mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan followers baru setiap harinya.
  • Kedua, strategi mendatangkan interaksi di akun Instagram Anda dan optimasi agar followers meningkat.
  • Ketiga, strategi melejitkan pertumbuhan followers di Instagram tanpa ribet dalam waktu singkat hingga rahasia menghasilkan income dari sosial media.

Strategi ini cocok untuk Anda yang berbisnis di sosial media.

Dan mentor yang akan mengajarkan Anda juga tidak main-main, mereka semua sudah terbukti sukses dibidangnya.

Yang menariknya lagi, Anda akan diajarkan step-by-stepsampai Anda berhasil.

Selain itu, banyak keuntungan dan hadiah yang akan menanti Anda.

Penasaran? Lihat selengkapnya disini.

Nah, itulah 7 strategi sosial media marketing yang wajib Anda tiru.

Perubahan kecil yang Anda lakukan sekarang dapat membuat dampak besar pada keberhasilan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here