Setiap pemilik toko online pasti memiliki strategi closingnya sendiri.

Strategi ini digunakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Selain itu juga, strategi ini merupakan salah satu cara meningkatkan omset bisnis online Anda.

Closing adalah momen penting untuk para pemilik toko online, Anda pasti tidak ingin teknik closing yang lemah dan membuat penjualan Anda stuck.

Anda ingin mengubah semua kerja keras Anda menjadi transaksi yang berhasil.

Itu semua tergantung pada tipe kepribadian Anda, dan yang paling penting, pembeli Anda.

Inilah 7 tips closing yang paling ampuh dalam penjualan, diantaranya:

1. Menekankan Keuntungan Produk Anda

Teknik closing ini merupakan salah satu strategi closing yang paling kuat.

Untuk cara kerjanya, Anda hanya perlu menegaskan kembali keuntungan produk Anda agar pembeli Anda tertarik untuk membeli.

Seperti contoh: “Permisi kak Fina, kalau hari ini kaka transfer, kaka akan mendapatkan software pendukungnya dan masa aktif akun kaka bisa diperpanjang”

2. Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Strategi closing “sekarang atau tidak sama sekali” adalah teknik yang populer karena sangat efektif.

Dalam strategi closing “sekarang atau tidak sama sekali”, pemilik toko online membuat penawaran khusus yang menambah daya tarik produk Anda.

Seperti, diskon khusus atau dengan cara menekankan diskon tersebut akan segera habis.

Hal tersebut dapat membantu pembeli Anda dalam membuat keputusan akhir.

Seperti contoh: “Halo kak Sinta, hari ini promo kaos nya akan segera habis. Untuk pemesanannya, akan di transfer jam berapa ya?”

3. Mengajukan Pertanyaan

Sebagai seorang pemilik toko online, Anda tahu bagaimana menjawab pertanyaan pembeli dan bagaimana memberikan informasi dengan jelas.

Saat menjawab pertanyaan pembeli, strategi closing yang efektif adalah dengan mengajukan pertanyaan kembali sebagai jawaban.

Jika pembeli bertanya, “Apakah ini berwarna biru?” Jawab dengan pertanyaan lain seperti, “Apakah Anda suka warna biru?”

Dengan begitu, Anda dapat melihat minat pembeli dan lebih memahami pembeli Anda.

4. Tawarkan Opini Anda

Selama perjalanan bisnis Anda, Anda akan menghadapi banyak tantangan di sepanjang jalan.

Saat Anda berada di tahap closing, satu tantangan yang mungkin Anda temui adalah menyampaikan kepada pembeli manfaat produk Anda.

Dengan menawarkan opini pribadi Anda, Anda harus menyampaikan kepercayaan dan bisa menyelesaikannya jika pembeli Anda keberatan.

5. Mengajukan Keberatan

Mungkin sulit untuk berkomunikasi dengan baik jika pembeli Anda tidak memberi tahu Anda segalanya.

Jika Anda yakin bahwa produk Anda adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan pembeli Anda.

Namun, Anda masih tidak dapat ke tahap closing.

Maka, menanyakan secara spesifik keberatan apa yang mungkin pembeli Anda rasakan, memungkinkan pembeli untuk mengajukan keberatan dan Anda bisa segera mengatasinya.

Seperti contoh: “Halo kak Anto, apakah ka Anto punya kendala atau keberatan? Jika ada, kami akan membantu”

6. Menawarkan Sesuatu Yang Lebih

Menawarkan sesuatu yang lebih merupakan cara yang ampuh untuk Anda segera closing.

Seperti halnya semua strategi closing, Anda ingin mempertimbangkan apakah taktik ini akan berhasil atau tidak.

Maka, tawarkan sesuatu yang lebih untuk pembeli Anda, yang mungkin tidak didapatkan oleh toko online lain.

Seperti contoh: “Siang kak Susi, pesanan kaka sudah jadi, kalau hari ini kaka transfer, kaka akan dapat gratis voucher pulsa sejumlah 100 ribu”

7. Kelebihan dan Kekurangan

Belajar jualan online memang tidak mudah.

Maka dari itu, mulailah dengan menulis daftar kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Agar Anda lebih memahami kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Namun, dengan penekanan pada kelebihan produk Anda, memungkinkan pembeli Anda tertarik dan Anda bisa membimbing mereka ke keputusan terbaik, yaitu produk Anda sendiri.

Seperti contoh: “Bukan hanya bisa menjadwalkan postingan saja kak, tapi juga bisa mengotomatisasi semua akun Instagram kaka, jadi kaka tidak perlu menangani semuanya”

Nah, sekarang coba Anda terapkan 7 tips diatas untuk bisnis online Anda.

Apapun produknya, cobalah untuk memberikan penawaran dengan pola seperti diatas.

Dijamin, Anda akan secepatnya closing.

Semoga berhasil!

21 Hari Kuliah Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here