Jika berbicara soal sosial media, apa yang terbesit di pikiran Anda?

Media hiburan? Media informasi? Atau media promosi?

Sosial media adalah paket komplit. Karena Anda bisa menggunakannya sebagai media hiburan, mencari informasi, curhat, mencari teman baru, stalking, belajar hingga promosi.

Itu semua tergantung bagaimana Anda memanfaatkannya.

Salah satu sosial media yang paling digandrungi oleh banyak orang adalah Facebook.

Facebook merupakan sosial media yang cukup lama ada, sebelum munculnya Twitter dan Instagram.

Dari tahun ke tahun, Facebook pun semakin berkembang. Mulai dari fitur-fiturnya, seperti Ads, Insight, dan sebagainya.

Jika selama ini Anda sebagai pebisnis hanya menggunakan Facebook untuk media promosi, Anda juga bisa menggunakan Facebook Ads untuk memperluas jangkauan Anda.

Bedanya, Anda perlu mengeluarkan biaya, tapi biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan yang akan Anda dapatkan, bahkan LEBIH.

Selain itu, banyak keuntungan dari Facebook Ads yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Jumlah Pengguna 

Sejak awal didirikan, jumlah pengguna Facebook kian meningkat dari tahun ke tahun. 

Menurut data dari We Are Social, pada tahun 2018 jumlah pengguna aktif Facebook telah mencapai 2,17 miliar dan menempati rangking 4 sebagai negara yang memiliki jumlah pengguna Facebook terbanyak.

Sebagian besar dari pengguna Facebook juga melihat Facebook beberapa kali dalam sehari dan rata-rata waktu yang dihabiskan cukup lama yaitu sekitar 58 menit.

Dengan begitu, Facebook bisa dikatakan sebagai media yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. 

Coba bayangkan jika sebagian dari pengguna Facebook melihat iklan Anda, tentu saja ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan omset bisnis online Anda secara mudah.

2. Dapat Menentukan Target Market secara Detail

Salah satu keuntungan Facebook Ads adalah sistem penargetan yang sangat detail. 

Anda bisa mengatur target market berdasarkan lokasi negara, provinsi, kota hingga kecamatan, usia, jenis kelamin, minat, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, iklan yang Anda tampilkan tentu menjadi tepat sasaran. 

Peluang terjadinya konversi pun semakin besar.

Selain itu, Facebook Ads juga menyediakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk melakukan tes dan menemukan target baru. 

Dari hasil tersebut, Anda bisa mengamati dan menganalisa apa yang terjadi, lalu melakukan perubahan sehingga mencapai target yang Anda inginkan. 

Baca juga: Mau Mengoptimalkan Target Audiensi di Facebook? Terapkan 7 Cara Ini!

3. Berefek Panjang 

Yang menariknya dari Facebook Ads, ketika Anda memasang iklan dan tidak lagi aktif, iklan tersebut akan terus berjalan.

Misalnya, iklan Anda di LIKE oleh orang lain, maka iklan Anda akan dilihat oleh teman-teman mereka.

Dan jika mereka tertarik, kemungkinan mereka akan mengunjungi profil Anda atau meng-klik CTA yang telah Anda masukkan ke dalam iklan tersebut.

Dengan begitu, Anda masih akan tetap mendapatkan penghasilan dari bisnis online Anda.

4. Bisa Menggunakan Gambar dan Teks

Di zaman seperti sekarang ini, banyak orang yang lebih tertarik dengan iklan yang mengandung gambar dibandingkan dengan teks saja. 

Di Facebook Ads, Anda bisa menggunakan gambar sekaligus teks untuk iklan Anda. 

Jadi, sebisa mungkin membuat gambar yang menarik dan teks yang powerfull.

5. Efektif

Facebook Ads sangatlah efektif.

Anda hanya perlu beberapa menit untuk mengatur penayangan iklan, maka iklan tersebut akan tersebar ke calon-calon pembeli Anda. 

Jika keefektifan kinerja Facebook Ads disertai dengan kesiapan Anda, maka kesempatan Anda mendapatkan konversi yang besar bisa terjadi.

6. Biaya Iklan yang bisa Diatur

Salah satu faktor mengapa banyak pebisnis tidak menyukai Facebook Ads, karena perlu mengeluarkan biaya.

Namun, banyak yang tidak tahu bahwa biaya iklan bisa diatur sesuai dengan budget yang Anda miliki. 

Misalnya, Anda memiliki budget sebesar 100 ribu, nantinya Anda akan mendapatkan ribuan bahkan puluhan ribu audiens.

Dari ribuan audiens tersebut, tentu saja akan banyak yang membeli produk Anda, dengan begitu penghasilan Anda meningkat drastis.

7. Brand Awareness

Semakin sering Anda beriklan, semakin besar bisnis Anda menjadi terkenal.

Fungsi utama Facebook Ads yaitu meningkatkan branding dari produk Anda.

Apalagi ditambah pengguna Facebook yang semakin banyak, hal ini menjadi peluang yang bagus.

8. Insight

Sama seperti Instagram, Facebook Ads juga memiliki fitur Insight untuk melihat data dari iklan yang Anda tayangkan.

Mulai dari impresi yang Anda dapatkan dari kampanye iklan, audience reach yang dicapai dalam kampanye Anda hingga jumlah orang yang tertarik atau klik iklan Anda, dan sebagainya.

Nah, itulah 8 keuntungan Facebook Ads yang perlu Anda ketahui.

Setelah mengetahuinya, tentu saja Anda semakin tertarik untuk menggunakan Facebook marketing terutama Ads-nya, bukan?

So, selamat mencoba, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here