Sebagai seorang pebisnis online, tentulah Anda tidak lepas dari penggunaan iklan online untuk memasarkan bisnis Anda, baik Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, hingga Endorsement. Tapi tahukah Anda bahwa ada tips khusus yang harus Anda perhatikan dan lakukan agar budget yang telah Anda keluarkan tidak membuat iklan Anda boncos atau sia-sia alias merugi?

Iklan di manapun pada dasarnya sama, bagaimana caranya Anda membuat postingan (gambar/video dilengkapi dengan tulisan) agar bisa menarik perhatian orang, menyebabkan orang itu klik iklan kita, masuk ke toko online kita, lalu order.

Jika belum order, yah minimal mereka bisa follow social media kita, atau subscribe email, atau menghubungi kita via messenger (Line, Whatsapp, atau BBM), sehingga database orang-orang yang tertarik dengan produk kita bisa terekam untuk difollow up.

Tapi banyak juga ternyata orang-orang di luar sana yang mengeluh bahwa iklannya seringkali masih merugi. Jangankan order, kontak via Whatsapp pun tidak ada. Jangankan follow, yang nge-like iklannya saja sedikit.

Wah, berarti iklan Anda kurang maksimal. Coba ikuti cara-cara berikut deh supaya iklan Anda bisa bekerja dengan optimal :

1) PATUHI TERMS AND CONDITION TEMPAT ANDA BERIKLAN

Di mana pun Anda beriklan, semuanya pasti punya peraturan yang harus dipatuhi. Jangan malas untuk membaca TOS masing-masing platform, terlebih jika platform tersebut habis berganti algoritma.

Iklan yang tidak sesuai dengan TOS menyebabkan kinerja iklan jadi tidak maksimal. Jangan segan-segan juga untuk menanyakan hal-hal yang tidak diketahui ke Help Center atau bertanya kepada mastah yang sudah sukses.

2) BUAT GAMBAR/VIDEO YANG MENARIK

Picture is a king! And so is the video. Gambarlah yang menarik perhatian orang-orang untuk berhenti dan membaca postingan Anda. Usahakan dalam 1-3 detik pertama, gambar/video Anda sudah mampu membuat orang berhenti scrolling dan matanya tertuju kepada iklan Anda.

Nah, ada tips khusus dalam membuat gambar yang membuat orang jadi berhenti dan membaca iklan Anda :

  • Fotolah produk Anda di depan latar belakang berwarna merah/kuning
  • Beri tanda panah merah atau lingkaran merah yang menunjuk kepada produk Anda
  • Beri border warna merah pada gambar iklan Anda.

Mengapa Anda disarankan menyisipkan warna merah dalam gambar? Karena warna merah memiliki gelombang warna terpanjang yang membuat warna ini paling mencolok di antara warna-warna lain. Sehingga, manusia lebih tertarik dan perhatian kepada warna merah ketimbang warna-warna lainnya.

Jika menggunakan video, jangan lupa beri subtitle supaya orang bisa membaca dialog dalam video tanpa harus mengeraskan volume handphone atau komputer mereka.

3) BUAT CAPTION (COPYWRITING) YANG BIKIN ORANG KEBELET BELI

Setelah melihat gambar, konsumen baru akan membaca keterangan atau caption yang menjelaskan tentang gambar/video tersebut. Di sini Anda harus pintar-pintar memainkan teknik copywriting dan berlatih bagaimana membuat tulisan yang bisa menghipnotis pembaca untuk membeli produk Anda.

Untuk teknik copywriting sendiri banyak contohnya. Anda bisa Googling sendiri atau baca buku khusus teknik Copywriting karangan mas Dewa Eka Prayoga.

4) SERING-SERINGLAH MEMBUAT PROMO

Jangan pelit terhadap promo, terutama jika bisnis Anda masih baru. Telkomsel saja rela membuat banyak promo hingga 1 tahun saat mengeluarkan T-Cash. Padahal Telkomsel adalah perusahaan besar. Nah, apalagi Anda yang brand-nya mungkin belum banyak dikenal oleh orang.

Salah satu cara menarik orang agar mau mencoba membeli produk Anda adalah dengan promo. Misalnya :

  • Harga coret >> Harga baru lebih murah ketimbang harga lama yang dicoret. Anda bisa naikkan harganya dulu, baru dicoret dan mencantumkan harga asli
  • Double diskon >> Banyak produk yang sifatnya tidak begitu diperhatikan oleh konsumen berapa harga aslinya jika dijual online. Di sini Anda bisa bermain harga diskon. Orang lebih suka membeli produk sepatu seharaga Rp 100 ribu yang sedang diskon 20%+10% daripada sepatu yang langsung dilabeli harga Rp 72.000. Padahal ujung-ujungnya harganya sama-sama Rp 72.000 juga.
  • Giveaway >> Giveaway adalah hadiah gratisan yang Anda berikan untuk costumer dengan syarat tertentu.

5) BERI WAKTU BAGI IKLAN YANG BARU TAYANG UNTUK MENCARI CUSTOMER

Ketika baru running iklan, jangan langsung mengharapkan ada customer dulu. Biasanya sebuah iklan butuh waktu 2-5 hari untuk menemukan orang-orang yang menyukai produk Anda.

6) RAJIN-RAJINLAH SPLIT TEST

Split test dalah mencoba beragam iklan dengan beragam gambar dan caption plus dengan beragam jenis “audience”. Ketika split test, tugas Anda adalah menemukan winning campaign (campaign yang menang). Di mana dengan winning campaign tersebut Anda bisa mendapatkan banyak customer dengan budget seminimal mungkin.

Setelah menemukan winning campaign apakah Anda harus berhenti split test? Tentu tidak. Anda harus mencoba opsi lain selain iklan yang telah menang supaya bisa menambah omset jualan Anda.

Jika sudah menemukan iklan yang menang, jalankan terus. Dan terus lakukan uji coba dengan parameter yang berbeda sehingga bisa menmukan banyak winning campaign yang mendatangkan customer berbeda-beda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here