Salah satu fitur dari Facebook yang semakin populer saat ini adalah Facebook Live, yaitu melakukan siaran langsung (live streaming) dari aplikasi Facebook menggunakan ponsel. Facebook menyediakan fitur live streaming agar dapat menyiarkan langsung semua hal secara realtime, kepada semua orang yang berteman dengan Anda di Facebook.

Fitur ini awalnya pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan hanya tersedia untuk kalangan selebriti. Setelahnya, Facebook telah merilisnya kembali dan tersedia untuk setiap pengguna dengan profil aktif atau halaman.

Fitur Facebook live ini sangat mudah digunakan, saat Anda sedang menjalankan siaran maka orang yang berteman dengan Anda di Facebook, juga akan mendapatkan notifikasi sehingga seketika itu juga akan banyak yang menyaksikan. Namun jangan terlalu banyak berharap akan ada banyak penonton yang menyaksikan siaran Anda dalam waktu singkat saat sedang Live Streaming Facebook.

Anda mungkin akan sedikit kecewa jika yang menonton siaran hanya sebagian teman saja. Jika ingin memilki banyak yang menonton siaran Anda, Facebook menyarankan mengumumkan sebelumnya dengan posting lain, ketika berencana untuk siaran langsung.

Setiap harinya para atlet, musisi, politisi dan influencer lainnya menggunakan Facebook Live untuk berbagi dan terhubung dengan penggemar mereka, dan lebih dari 900 juta orang terhubung dengan tokoh masyarakat di Facebook.

Dengan Facebook Live, tokoh masyarakat dapat membawa penggemar ke belakang layar, menjadi lebih dekat dan melakukan sesi tanya jawab, berbagi pengumuman, dan banyak lagi semuanya secara real time.

Berikut cara memulai live streaming video di Facebook :

Di aplikasi Facebook, mulai menulis status seperti biasanya. Daftar opsi akan muncul di bawah bidang teks, kemudian pilih Live Video.

cara-membuat-siaran-langsung-di-facebook-live-streaming

Kemudian Anda akan dimintai mengenai siaran Anda. Di layar yang sama, pilih pengaturan privasi, apakah ingin berbagi publik atau hanya teman? Anda juga dapat memilih berbagi hanya dengan diri sendiri. Klik Start Live Video
cara-membuat-siaran-langsung-di-facebook-live-streaming
Begitu Anda mulai streaming, akan muncul logo “LIVE” pada layar ponsel Anda dan notifikasi ke teman Facebook Anda, memberitahukan kalau Anda saat ini sedang melakukan siaran langsung. 

cara-membuat-siaran-langsung-di-facebook-live-streaming

Bagian bawah layar adalah tempat pemberitahuan komentar dan pemirsa baru akan muncul. Selama streaming, Anda dapat menambahkan efek filter ke video, beralih antara kamera depan dan belakang atau memasukkan komentar ke kolom teks di bagian bawah.

Pada layar siaran, video akan terlihat oleh penonton dan akan terlihat berapa jumlah penonton yang telah menyaksikan video Anda, sejak kapan video ditayangkan dan tampilnya komentar secara langsung.

Komentar yang ada, mudah terlihat dan mudah terbaca. Tidak ada batas berapa lama pemilik akun bisa melakukan streaming.

Satu yang pasti, koneksi jaringan harus dalam kondisi yang baik. Bahkan, disarankan untuk melakukannya dengan menggunakan WiFi.

Publish Live Video setelah siaran berakhir agar video Anda dilihat penggemar nanti.

cara-membuat-siaran-langsung-di-facebook-live-streaming

Setelah siaran Anda berakhir, video Anda akan dipublikasikan ke profile atau halaman Anda sehingga penggemar yang melewatkannya dapat menonton di lain waktu. Jika Anda lebih suka tidak menyimpan video, Anda juga dapat menghapusnya dari profile atau halaman Anda kapan saja.

Setelah selesai penyiaran, video akan posting di timeline Anda. Orang dapat memilih untuk memutar ulang.

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here