Facebook Ads adalah platform yang menyediakan jasa berbayar dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis Anda, menaikkan omset, menjangkau audiens yang lebih luas, dan sebagainya. 

Dengan Facebook Ads, Anda akan mendapatkan pembeli 2x lipat bahkan lebih dibandingkan dengan Facebook biasa.

Beberapa manfaat menggunakan Facebook Ads, adalah, jangkauan pasar yang lebih luas, mendapatkan target pasar yang lebih spesifik, dan sebagainya. 

Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan untuk Anda mengelompokkan calon pembeli sesuai dengan kebutuhan pasar Anda. 

Misalnya, para pecinta Doraemon. Maka Facebook Ads akan “mencari” orang-orang yang menyukai Doraemon dari fanpage maupun beberapa postingan yang berkaitan dengan Doraemon.

Dengan ini, strategi pemasaran Anda akan lebih fokus dan terarah.

Selain itu, Anda juga harus mampu menciptakan iklan yang unik dan memikat.

Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu berbagai macam format iklan di Facebook dan cara membuatnya.

So, simak selengkapnya di bawah ini…

Jenis Format Iklan Facebook

Format iklan yang Anda gunakan tergantung pada tujuan iklan Anda.

Misalnya, ingin menampilkan teaser tentang produk Anda, Anda bisa menggunakan video.

Atau ingin memamerkan lebih dari 1 gambar, bisa menggunakan Carousel.

Nah, inilah beberapa jenis format iklan Facebook yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

Gambar

Jenis iklan yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa Anda.

Video

Jika Anda lebih menyukai konsep iklan yang berupa video, Anda juga bisa gunakan di Facebook Ads.

Tayangan Slide

Tayangan slide memadukan gambar atau video, teks, dan suara. Anda bisa menggunakan 3 sampai 10 gambar atau video.

Carousel

Jenis iklan ini dapat membantu Anda untuk menampilkan lebih banyak gambar atau video.

Instant Experience

Ketika audiens Anda klik iklan Anda di perangkat seluler mereka maka iklan Anda tampak lebih lebar dan jelas.

Koleksi

Koleksi berisikan beberapa produk dan ditampilkan sebagai Instant Experience ketika audiens Anda berinteraksi dengan iklan tersebut. 

Audiens Anda bisa mencari, memilih, dan membeli produk dari ponsel mereka secara visual dan mendalam.

Baca juga: Jenis-jenis Iklan yang Bakal Meningkatkan Engagement di Facebook

Cara Membuat Iklan Gambar di Facebook

  • Gunakan rasio aspek yang disarankan untuk setiap penempatan.
  • Gunakan gambar beresolusi tinggi. 
  • Tunjukkan produk Anda. Tampilkan apa yang dijual untuk menyampaikan pesan secara efisien.
  • Hindari terlalu banyak teks di gambar Anda. Iklan dengan terlalu banyak teks gambar tidak bisa ditampilkan.
  • Fokus pada tujuan atau pesan Anda. 
  • Review kembali iklan Anda. 

Teks dalam Gambar Iklan 

Facebook telah melakukan riset dan juga menganalisis beberapa masukan dari para pengguna Ads dengan tujuan untuk memaksimalkan manfaat bagi orang-orang dan pelaku bisnis. 

Salah satunya adalah penggunaan teks di gambar iklan.

Apa itu teks gambar?

Teks gambar adalah teks yang ada pada gambar atau materi iklan Anda. Teks gambar tidak termasuk teks di luar gambar, seperti teks isi iklan Anda.

Seperti contoh: 

Iklan dengan penggunaan teks yang terlalu banyak mengakibatkan kualitasnya menjadi rendah dan bisa mengurangi keindahan dari gambar tersebut. 

Dan pihak Facebook menyatakan bahwa gambar dengan teks kurang dari 20% dapat bekerja lebih baik. 

Oleh sebab itu, iklan yang dijalankan di Facebook, Instagram, dan Audience Network harus menjalani proses peninjauan atau di review terlebih dahulu untuk memeriksa jumlah teks gambar dalam iklan Anda.

Jika iklan yang Anda buat terlalu banyak menggunakan teks, maka Facebook menganggap iklan Anda tidak layak untuk di publish.

Namun, ada pengecualian, jika gambar yang Anda tampilkan berupa sampul buku, sampul album, dan gambar produk.

Bagaimana Cara Mengetahui Iklan Anda Memuat Terlalu Banyak Teks?

Gunakan Fitur dari Facebook 

Anda bisa menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Facebook dengan klik disini.

Meskipun fitur ini belum sempurna, tapi bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk membantu Anda dalam membuat iklan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan Facebook.

Notifikasi dari Facebook

Jika sistem Facebook mendeteksi bahwa iklan yang sedang Anda buat terlalu banyak teks, maka akan muncul pesan yang memperingatkan tentang masalah tersebut dan memberi Anda opsi untuk meminta peninjauan manual. 

Jika Anda yakin bahwa iklan Anda memenuhi syarat namun tetap mendapatkan notifikasi, Anda disarankan memilih opsi Minta Tinjauan Manual.

Inilah cara Facebook meninjau atau me-review berbagai format iklan berbeda:

  • Iklan gambar – facebook me-review gambar yang digunakan dalam iklan untuk melihat apakah gambar tersebut telah mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. 
  • Iklan carousel – facebook me-review setiap gambar dalam iklan untuk melihat apakah semua gambar tersebut mengikuti syarat dan ketentuan. Dan, ingat meskipun hanya satu gambar dalam carousel namun terlalu banyak teks di dalamnya, ini akan mempengaruhi seluruh iklan Anda.
  • Iklan video – facebook me-review video tersebut apakah sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tips untuk Menghindari Penggunaan Teks Terlalu Banyak

  • Klik disini untuk memastikan gambar Anda, sebelum Anda mencoba menjalankan iklan.
  • Jika Anda perlu menyertakan teks dalam gambar, coba kurangi jumlah kata dan ukuran font teks Anda. Ingat bahwa jika terlalu kecil, teks Anda akan sulit dibaca.
  • Hindari penggunaan teks yang menutupi seluruh gambar.

Bagaimana Cara Mengetahui Gambar yang Berukuran Tepat untuk Iklan?

  1. Klik iklan yang ingin Anda lihat
  2. Di ruang kerja, buka Gambar
  3. Anda akan melihat Ukuran yang Direkomendasikan serta tampilan gambar Anda dan ukurannya saat ini. Simbol di kanan bawah pratinjau akan memberi tau tampilan gambar Anda di Facebook

Contoh teks gambar yang mungkin tidak disetujui:

  • Logo berbasis teks – semua logo yang berbasis teks dihitung sebagai teks, terlepas dari ukurannya
  • Watermark – watermark dianggap sebagai teks
  • Angka – semua angka dianggap sebagai teks

Nah, itulah cara menciptakan iklan yang unik dan memikat banyak pembeli.

Selain menciptakan iklan yang menarik, Anda juga perlu senjata jitu untuk memaksimalkan penggunaan Facebook Ads.

Coba bayangkan, jika iklan yang Anda buat tidak dilirik sama sekali?

Kira-kira apa yang salah? Strateginya? Iklannya? Apa mungkin keduanya?

Salah satu kunci sukses beriklan di Facebook yaitu memilih strategi yang tepat.

Mencoba berbagai strategi hingga bisa berhasil perlu waktu yang cukup lama.

Tapi untungnya, Insta Ads Mastery bisa membantu Anda.

Sekali praktek, bisa langsung berhasil tanpa perlu buang-buang waktu dan tenaga Anda.

Di Insta Ads Mastery, Anda akan mendapatkan 3 jenis training di dalam kelas online ini, diantaranya:

Rahasia dibalik Iklan dengan Budget Unlimited

Di sesi training ini, Anda akan dibantu untuk memahami bagaimana menciptakan sebuah bisnis yang bisa punya budget iklan yang tidak ada habisnya dan mengakuisisi pembeli jauh lebih banyak daripada kompetitor Anda.

Facebook & Instagram Ads Step-by-Step Guide

Ini adalah panduan bagaimana Anda menjalankan iklan step-by-step hingga BERHASIL.

Teknik Closing Anti PHP

Berisikan materi yang tidak kalah pentingnya untuk membantu Anda meningkatkan penjualan dari bisnis Anda secara signifikan.

Dapatkan strategi ngiklan gila-gilaan tapi PROFITEBEL cuma di Insta Ads Mastery.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here