Sudah berapa wishlist yang Anda capai di tahun 2019?

Apakah sudah ada perubahan dalam hidup Anda?

Atau mungkin Anda sudah menyelesaikan beberapa masalah pada tahun ini?

Manusia pastinya akan tumbuh dan berkembang.

Teknologi pun semakin canggih.

Bisa Anda bayangkan bagaimana 10 tahun kedepan atau bahkan 50 tahun kedepan, akan secanggih apa Indonesia?

Mungkin semua pekerjaan yang kita lakukan sekarang akan tergantikan oleh robot.

Terus gimana nasib pemilik toko online?

Sebagai pemilik toko online, Anda pun harus tau apa yang sedang berubah saat ini.

Dan yang pasti harus tau cara jualan di Instagram yang tepat.

Kalau tidak, Anda akan tertinggal dengan kompetitor Anda.

Salah satu yang mengalami perubahan adalah aturan Instagram.

Jika Anda menggunakan Instagram sebagai ladang berbisnis Anda.

Maka, hal-hal yang terkait dengan Instagram pada tahun sebelumnya tidak lagi efektif.

Khususnya dalam penggunaan hashtag.

Ada beberapa cara baru untuk menggunakan hashtag yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda tahun ini.

Berikut adalah aturan baru dalam penggunaan hashtag dan bagaimana Anda dapat menemukan hashtag yang tepat untuk bisnis Anda, diantaranya:

Menjaga Hashtag Anda Agar Tetap Relevan

Kali ini Instagram memiliki aturan baru, yaitu, Anda bisa menentukan apa saja hashtag yang relevan maupun tidak.

Dengan cara klik tombol “titik tiga”, kemudian Anda pilih “Don’t show for this hashtag”, lalu setelah itu akan muncul tulisan ini:

Maka, hashtag tersebut tidak akan muncul lagi di timeline Anda.

Alihkan Hashtag Instagram Anda Untuk Menghindari “Spam”

Hindari penggunaan hashtag yang sama pada setiap postingan Anda.

Kenapa?

Karena Instagram akan menganggap Anda “spam.”

Maka, cobalah untuk mencari beberapa hashtag dari kompetitor lain sebagai referensi Anda.

Pilihlah hashtag yang menggambarkan akun Anda, bisnis Anda, dan target pasar Anda.

Misalnya, Anda menjual produk makanan bayi, yang target pasarnya adalah ibu-ibu dan anak bayi, Anda bisa menggunakan hashtag seperti #makananbayiterbaru, #makananbayisehat dan jangan lupa untuk menampilkan nama produk Anda sendiri. 

Anda juga dapat menggunakan hashtag yang menggambarkan pembeli ideal Anda seperti #makananbayi, #kidsandmom, #bayi1tahun, atau #dailyparenting.

Kuncinya adalah mencari dan mengumpulkan beberapa hashtag yang Anda dapatkan dari kompetitor lain.

Lalu setelah itu Anda bisa langsung terapkan dalam postingan Anda, agar Anda bisa mengetahui mana hashtag yang relevan maupun tidak.

Dengan cara ini Anda lebih bisa menghemat waktu dan yang pasti produk Anda akan semakin dikenal.

Untuk lebih mempermudah Anda dalam menemukan hashtag yang tepat, Anda bisa menggunakan cara lain.

Misalnya, Anda ketik kata “bisnis” di kolom hashtag, maka akan muncul beberapa opsi atau pilihan hashtag yang berkaitan dengan bisnis.

Contohnya seperti dibawah ini.

Dan carilah hashtag yang paling banyak digunakan dalam postingan, minimal 500 posts.

Mengikuti Hashtag Yang Berkaitan

Dalam aturan baru Instagram, Anda bisa “follow” atau mengikuti hashtag yang berkaitan dengan produk Anda, agar Anda tetap mendapatkan informasi terbaru seputar produk Anda.

Sama halnya dengan “follow” akun pribadi. 

Anda hanya perlu buka kolom hashtag lalu klik tombol “follow atau ikuti.”

Seperti contoh:

Hal ini juga menjadi peluang besar bagi toko online Anda muncul di timeline hashtag calon pembeli Anda. 

Misalnya, jika Anda memiliki hashtag khusus untuk produk Anda, Anda juga dapat mengajak followers Anda untuk menggunakan hashtag Anda.

Nah, nantinya postingan Anda dapat muncul dua kali di timeline hashtag.

Anda Dapat Menggunakan Hashtag Di Stories Anda

Menambahkan hashtag ke dalam Stories Anda adalah cara yang tepat agar toko maupun produk Anda mudah dikenal.

Misalnya, ketika Anda memasang hashtag di Stories Anda, dan ternyata hashtag itu menjadi populer.

Nah, nantinya jika followers Anda menggunakan hashtag yang sama dalam Storiesnya, maka hashtag Anda akan muncul sebagai “suggestion.”

Bahkan jika mereka menyukainya, mereka akan melihat dan “follow” akun Anda.

Ada dua cara berbeda untuk menambahkan hashtag ke Stories Anda. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan stiker hashtag, dan yang lainnya adalah dengan menggunakan alat teks dan cukup mengetik hashtag Anda.

Anda dapat menggunakan hingga 10 hashtag.

Baca juga: 7 Strategi Memanfaatkan Fitur Instagram Story Untuk Bisnis Anda

Tambahkan Hashtag Ke Bio Instagram Anda

Anda bisa menambahkan hashtag di Bio Instagram Anda.

Hashtag ini khusus digunakan untuk mempromosikan atau mengkampanyekan produk Anda.

Atau biasanya disebut dengan strategi Instagram marketing.

Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan “#” sebelum kata apa pun dalam Bio Anda, dan itu akan secara otomatis menjadi tautan atau link yang dapat diklik yang mengarahkan pembeli ke hashtag tersebut.

Menggunakan hashtag merupakan cara yang tepat untuk bisa terus terhubung dengan pembeli Anda.

Semoga aturan baru untuk ini dapat membantu bisnis online Anda semakin berkembang.

So, selamat mencoba.

Eh tapi sebelum mencobanya, jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media yang Anda punya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here