Di antara anda yang pebisnis pasti kenal bahkan pernah mencoba beriklan di facebook ads

Nah, di artikel ini akan bahas kenapa beriklan di Facebook Ads masih efektif dan masih worth it dipakai buat pemula di tahun 2020 ini

Alasan yang sederhana tapi bikin orang tertarik adalah biaya beriklan di Facebook Ads terbilang terjangkau

Dari data Facebook untuk pasang iklan biaya $5 untuk seminggu atau 50.000 seminggu

Alasan lainnya yang bikin beriklan di Facebook Ads masih menarik bagi pebisnis/calon pebisnis, karena:

#1. Jumlah penggunanya tinggi

Di Indonesia, dari data kuartal kedua 2020 (Monthly Active Users/MUA) ada sekitar 2,7 miliar pengguna aktif yang main Facebook dan yang mainin dari segala gender, usia, karyawan atau bukan dll

#2. Target super detail dan luas

Bisa pilih target lebih spesifik, kaya lokasi iklan ditayangkan, usia dan pekerjaan audiens, atur tampilan untuk mobile atau desktop, dan lain-lain
Facebook Ads membantu Anda menjangkau audiens di lokasi yang berbeda, iklan secara otomatis akan dilihat audiens saat mereka buka beranda Facebook tanpa perlu scroll

#3. Facebook Ads sangat efektif

Facebook Ads bisa dengan mudah membidik target pasar Anda, seperti demografi, lokasi, perilaku, dan lainnya, Facebook Ads juga bisa dihubungkan dengan sosial media lainnya

#4. Mudah dipakai dan hasilnya cepat

Facebook ads dirancang untuk pemula yang gak tau cara beriklan dan hasilnya akan langsung terlihat berdasarkan klik yang didapat

Untuk mempermudah Anda, Anda bisa baca panduan beriklan yang bahasanya mudah dipahami

Jadinya Anda bisa praktekin langsung caranya beriklan di Facebook Ads dari A-Z

Anda bisa mengatur pembayaran iklannya, perhari atau perbulan, dan jadwal tayang iklan bisa Anda atur sendiri

#5. Bisa pilih jenis iklan

  • Click to website

Setiap klik iklan di Facebook adalah bayaran Anda dari berapa banyak klik yang didapat dari iklan itu, bikin iklan yang menarik dengan teks, gambar maupun video

  • Event responses

Iklan ini dipasang kalau ada acara tertentu seperti acara promo, giveaway dan lainnya

  • Website conversions

Membantu untuk arahkan pengunjung ke website bisnis Anda untuk melihat produk jualan, sehingga ada peluang transaksi penjualan

  • Page post engagement

Berfungsi untuk tingkatkan reputasi bisnis dengan bagikan link website, foto/video, status dan lainnya ke pengguna lain

Semakin sering Anda bagikan postingan menarik maka ada kesempatan untuk dapat jumlah like, komentar dan share yang banyak

#6. Fitur menarik di Facebook Ads

Ada fitur page like, traffic, brand awareness, custom audience, retargeting, lookalike audience dan lainnya

Contoh, Anda bisa pakai fitur traffic untuk tingkatkan jumlah pengunjung, 

Fitur lainnya, ada Fitur Insight seperti Instagram yang gunakan untuk mengetahui seberapa tinggi engagement iklan Anda

Negara tujuan : anda bisa pilih tempat penayangan iklannya dan disesuaikan sama keberadaan target market, mau di dalam negeri atau luar negeri

Usia target pasar : anda bisa tentukan usia berapa yang bisa lihat iklan anda, remaja sekitar 20th, ibu-ibu atau bapak-bapak sekitar 30 th atau lebih

Ketertarikan target pasar : bisa anda atur iklan ini untuk orang yang punya ketertarikan yang sama, misalnya anda mau incar orang yang suka jam tangan, sepatu, kartun, film, game, anime, kpop dan lainnya

Keberhasilan Anda saat beriklan di Facebook Ads juga dipengaruhi oleh faktor ini :

1. Iklan yang padat, jelas dan mudah dipahami

Buat iklan jangan bertele-tele langsung to the point inti iklan Anda itu mau jual produk apa, bahasa yang digunakan, Anda bisa menggunakan bahasa yang lebih santai biar calon pembeli mudah paham

Deskripsi ini langsung mengarah ke kaum laki-laki terutama bapak-bapak yang punya hobi mancing, kaos ini bisa jadi identitas hobi mereka dan mancing jadi lebih semangat

Agar makin paham coba baca Copywriting Mengundang Pengunjung Ke Toko Online biar tulisan iklannya ngena di hati customer

2. Foto produk

Visual pada iklan sangat berguna agar calon pembeli bisa percaya dan tahu bentuk produk Anda dengan jelas

Pengambilan foto jangan asal ya, letak produk bisa taro di tengah biar customer langsung fokus ke produk

Cahaya juga diperhatikan, kalau bisa cari ruangan yang lampunya terang atau pake yang alami dari cahaya matahari

Background biar aman pakai warna polos tapi jangan nabrak sama warna produk ya

3. Testimoni dari pembeli 

Keraguan calon pembeli ini bisa Anda atasi dengan kasih beberapa screenshot history chat Anda dengan pembeli sebelumnya atau video yang menceritakan pengalamannya belanja di toko Anda dan review produk

Contoh iklan video testimoni dari reseller Dropshipaja:

Ini salah satu reseller Dropshipaja.com yang sudah berhasil raih omset 100jt di usia 20th, 

Christian kasih tau alasannya gabung di DA karena malas keluar rumah jadi pengen punya kerjaan yang tetap stay di rumah, 

Dia juga kasih tau sistem kerjanya cuma bales chat customer lalu infoin ke tim DA untuk di produksi dan kirim produk, 

Terus dia kasih tips setelah gabung DA biar makin sukses itu harus mau belajar, konsisten, dan bersyukur.

Jadi, harus ada Hook yaitu pancingan untuk menarik audience, Story yaitu cerita yang bikin audience mau beli produk dan Offer adalah penawaran agar audience tergerak beli produk.

4. Pemilihan format iklan yang tepat

Format iklan bantu Anda dalam proses nentuin konten apa yang akan dibuat nanti

Ukuran gambar yang digunakan iklan ada 2 jenis, klik to Website ukurannya 1.200 x 628 piksel dan klik to Like Page ukurannya 1.200 x 444 piksel

Sedangkan untuk durasi iklan video seperti ini

Dan ini beberapa format iklan yang bisa Anda pakai:

  • Iklan gambar tunggal

Bertujuan untuk membangun kesadaran audience pada produk jualan Anda, membangun interaksi dan meningkatkan trafik bisnis, contohnya:

untuk iklan jenis ini tulisannya jangan terlalu banyak ya, kasih aja headline nama produk, harga dan logo toko, selebihnya informasi produk atau CTA untuk pemesanan bisa ditaro di deskripsi

  • Iklan video

Anda bisa pamer proses produksi, produk, testimoni, dan layanan dengan lengkap pakai iklan video.

Contohnya video dari Dropshipaja.com

  • Iklan tayangan slide

Format ini bisa anda pakai untuk katalog produk kalau foto/video yang di post mau lebih banyak, dan lebih menjelaskan secara detail tentang produk Anda, misalnya :

  • Iklan carousel

yang bikin beda dari iklan tayangan slide adalah iklan carousel punya satu elemen yang sama, jadi gambar atau story pertama dan seterusnya masih nyambung, contohnya:

5. 1 iklan 1 pesan

fokuskan sama apa yang mau Anda sampaikan, jangan semua hal sampaikan dalam 1 iklan karena iklan yang tayang tidak akan efektif

tentukan dulu goals iklannya apa atau apa yang ingin Anda tonjolkan di iklan tersebut, contohnya kaya iklan ini:

6. Fokus pada masalah konsumen

Pebisnis yang baik adalah pebisnis yang menyediakan solusi dari masalah pelanggan, ini perlu diterapkan ke iklan juga

Jangan cuma andelin promo dan posting produk untuk naikin penjualan, setiap iklan yang ditayangkan tetap harus ada solusinya, contohnya:

Iklan ini memberi solusi untuk audience berupa kursus bisnis agar audiens mau belajar berbisnis jadi mereka tetap punya penghasilan di era new normal ini

Sama kaya Dropshipaja.com yang punya solusi buat Anda yang ingin punya bisnis sendiri dengan daftar jadi member dropshipaja

Bisnis online sistem dropship ini bisa bantu masalah ekonomi, disana member yang sudah daftar akan diajarkan sampai benar-benar berhasil

Dan Dropshipaja.com ini terbuka untuk semua kalangan, tua atau muda, karyawan atau belum kerja, bahkan buat orang yang pengen punya penghasilan tambahan

keuntungan buat anda yang sudah daftar gak mikir produksi, gak stok barang, gak urusin pengiriman, ada garansi, cukup jualan dan melayani customer saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here