Jika Anda disuruh memilih antara Instagram Ads dan Facebook Ads, yang mana lebih baik?

Pasti sulit bukan? Apalagi jika Anda mencintai keduanya.

Kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Untuk itu, Anda bisa simak beberapa rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan Instagram Ads dan Facebook Ads dibawah ini:

Data

Instagram 

  • Pertama, pengguna aktif Instagram yang mencapai 1 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018.
  • Kedua, 71% pengguna Instagram beralih menjadi akun bisnis dan 80% pengguna telah mengikuti paling tidak 1 brand bisnis di Instagram.
  • Ketiga, 83% pengguna menyatakan bahwa mereka menemukan produk yang mereka inginkan di Instagram.
  • Keempat, dalam sisi engagement dan interaksi, Instagram memiliki kekuatan 4x lipat dibandingkan Facebook.
  • Kelima, 80% pengguna melakukan pembelian di Instagram.

Facebook

  • Pertama, Facebook memiliki 2,41 miliar pengguna aktif pada tahun 2018.
  • Kedua, 30% ROI didapatkan dari Facebook, dan ini menjadi nilai lebih dibandingkan sosial media lainnya.
  • Ketiga, 8 juta page bisnis bisa Anda temukan di Facebook dengan pertumbuhan 23% per tahun.
  • Keempat, 78% produk baru bisa ditemukan di Facebook.

Melalui data ini, Anda bisa melihat dan menganalisa sendiri kelebihan dan kekurangan dari Instagram maupun Facebook.

Kesimpulannya, bahwa Instagram memiliki kekuatan di sisi engagement, sedangkan Facebook memiliki kekuatan di bagian konversi.

Reach

Instagram

Dengan jumlah pengguna mencapai 1 miliar, Instagram menjadi sasaran utama para brand besar maupun kecil.

Namun, dibalik itu semua, Instagram memiliki kemampuan untuk mendapatkan jumlah reach organic yang paling tinggi dibandingkan sosial media lainnya.

Apalagi jika Anda hanya fokus pada Instagram untuk berbisnis. 

Ditambah, Instagram memiliki fitur hashtag dan suggestion for you, yang mana kedua fitur tersebut bisa membantu Anda untuk memperluas jangkauan.

Facebook

Facebook merupakan platform yang keberadaannya paling lama diantara sosial media lainnya. 

Karena pada kenyataannya Facebook menjadi nomor satu dalam reach

Facebook juga memiliki terobosan dalam hal reach untuk target yang belum spesifik. 

Anda cukup memasang nama di Facebook saja, setelah itu secara otomatis iklan Anda bisa dilihat dan dipromosikan ke semua audiens.

Tentu saja hal ini menguntungkan untuk Anda.

Engagement

Instagram

Dari tahun ke tahun, pengguna Instagram sangat meningkat.

Selain penggunanya, rate engagement yang di Instagram juga semakin tinggi. 

Berdasarkan data dari Oberlo, sebanyak 80% pengguna Instagram di seluruh dunia telah mengikuti atau mem-follow paling tidak 1 akun brand bisnis. 

Dengan begitu, mereka yang sudah mengikuti akun brand, biasanya akan melakukan interaksi, seperti meninggalkan komentar maupun likes, mengirim DM, mengunjungi website, dan sebagainya.

Facebook

Facebook kini banyak mengalami perubahan terutama pada engagementnya. 

Apalagi jika Anda menggunakan Facebook Ads, tentu saja Anda akan merasakan keuntungan yang lebih buanyaaak. 

Karena Anda bisa menentukan target yang berbeda.

Ditambah fasilitas yang ditawarkan oleh Facebook sangat membantu Anda untuk mendapatkan target yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Baca juga: Jenis-jenis Iklan yang Bakal Meningkatkan Engagement di Facebook

Demografi

Instagram

Pengguna Instagram di dominasi oleh wanita dan 24% adalah pria.

Dan rata – rata pengguna Instagram berkisaran usia matang atau dewasa, antara 18 – 29 tahun.

Juga, 55% dari total pengguna internet di seluruh dunia adalah pengguna Instagram.

Jadi, jika target market Anda adalah wanita atau yang berusia matang, tentu saja platform ini cocok untuk Anda

Facebook

Jika di Instagram rata – rata penggunanya adalah usia matang, maka Facebook menjaring seluruh kisaran umur.

Jadi, mulai anak – anak hingga orang tua menggunakan Facebook.

Pengguna Facebook juga masih di dominasi oleh wanita dengan jumlah kisaran 77%, sedangkan pria 66%.

Baca juga: Mau Mengoptimalkan Target Audiensi di Facebook? Terapkan 7 Cara Ini!

Lantas, mana yang lebih baik? Apakah Anda harus menggunakan kedua platform ini?

Jika Anda memiliki rencana untuk menggunakan keduanya, simak alasan dibawah ini agar Anda semakin mantap menjalankannya.

Fitur Terbaru

Cara beriklan di Facebook maupun Instagram pun hampir sama.

Apalagi ditambah hadirnya fitur terbaru dari Facebook, Anda bisa menjalankan iklan yang serupa dengan Instagram. 

Fitur tersebut adalah Facebook Ads Manager.

Anda bisa menjalankan dan mengatur iklan pada kedua platform tersebut secara bersamaan. 

Jadi, jika Anda upload iklan di Facebook, maka Facebook akan memberikan Anda pilihan apakah iklan tersebut hanya untuk Facebook saja atau sekaligus untuk Instagram.

Yang menariknya, Anda hanya perlu menentukan tujuan iklan tersebut secara GRATIS, dan secara otomatis Facebook akan memberikan referensi template yang tepat untuk Anda.

Jadi kesimpulannya, Anda bisa menjalankan iklan untuk kedua platform tersebut hanya dengan satu aplikasi.

Mengikuti Kelas Online

Dalam menjalankan iklan, tentu saja Anda akan mengalami jatuh bangun. Rugi untung. Dan sebagainya.

Menjalankan iklan itu sebenarnya mudah dan murah, jika Anda mengetahui strategi yang tepat.

Kabar baiknya, Insta Ads Mastery dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan penghasilan tanpa perlu trial dan error.

Di Insta Ads Mastery semua rahasia dan kunci sukses ngiklan yang GILA – GILAAN akan dibongkar.

Mulai dari:

  • Senjata utama yang digunakan agar iklan berjalan mulus seperti jalan tol.
  • Bagaimana cara menggunakan “senjata” tersebut.
  • Strategi ngiklan yang tetap PROFITEBEL dan beberapa teknik closing agar Anda bisa menang dari kompetitor lain.

Bukan hanya itu saja, Anda akan difasilitasi penuh oleh Insta Ads Mastery, seperti:

  • Menyediakan resources yang Anda butuhkan
  • Diajarkan step by step oleh mentor terpercaya
  • Materi yang selalu up-to-date
  • Support dari forum selama 3 bulan
  • GARANSI uang kembali

Jadi, siapkan diri dan wujudkan lifestyle yang Anda inginkan dengan daftar disini.

Nah, itulah beberapa kelebihan maupun kekurangan Instagram Ads maupun Facebook Ads.

Sebaiknya Anda menggunakan kedua platform ini dengan baik agar hasil yang diperoleh pun baik.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media yang Anda punya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here