Semua pengusaha pasti senang jika produknya pernah dipakai dan dipromosikan oleh figure terkenal seperti artis atau selebgram. Tapi lebih efektif mana sih dalam hal pemasaran produk? Memperkenalkan produk Anda via Facebook Ads/Instagram Ads dulu atau langsung endorse ke pihak artis?

 

BUNDLING DICOUNT 5 BUKU : ALONA STORE PRESENTS
Jualan di Instagram

Semuanya tergantung kepada Anda sebagai pengusaha. Perlu diingat, endorse artis itu memerlukan biaya jutaan hingga belasan juta rupiah loh. Anda harus mematangkan perhitungan finansial dulu sebelum meminta artis untuk meng-endorse barang Anda.

Paling tidak, perhatikan tips berikut ini sebelum endorse:

1) Endorse itu Mahal Jika Anda bukan Teman Si Artis/ Selebgram

Dalam sekali endorse, paling tidak Anda memerlukan budget 5 juta hingga belasan juta rupiah. Semakin banyak follower si artis, semakin tinggi pula harganya. Karena itu ketika Anda bermaksud untuk langsung endorse artis di awal membuka bisnis, Anda harus menyiapkan modal ekstra. Ini tentu saja lebih mahal ketimbang Anda mengeluarkan uang untuk beriklan di Facebook Ads atau Instagram Ads.

2) Sudah Endorse Belum Tentu Balik Modal

Jika Anda endorse ke satu artis, belum tentu balik modal. Karena tidak semua follower artis itu suka dengan produk Anda. Begitu juga jika Anda pindah endorse ke artis lain. Belum tentu juga balik modal. Padahal banyak artis yang memberlakukan batas waktu untuk endorsement. Biasanya 3-7 hari, selebihnya foto produk Anda akan dihapus.

Ini tidak enaknya jika endorse artis. Kita tidak bisa mengalisa bagaimana follower si artis itu. Bisa jadi lebih banyak anak ABG yang daya belinya rendah, atau bisa jadi juga kebanyakan follower-nya justru laki-laki, padahal Anda jualan produk untuk wanita.

Baca Juga: Panduan Endorsement Instagram, Artis atau Selebgram – Untuk Pemula

3) Jika Budget Minim, Sebaiknya Beriklan Dulu di Facebook atau Instagram

Sama-sama mengeluarkan budget, jika modal Anda minim sebaiknya larikan ke Facebook atau Instagram Ads. Anda bisa menekan biaya split test supaya tidak boros. Baru nanti bisa di-scale up pelan-pelan setelah winning campaign ditemukan.

4) Endorsement Sebenarnya Berfungsi sebagai Branding

Ketika Anda membicarakan proses branding, Anda harus rela mengeluarkan banyak budget demi menanamkan citra/image produk Anda kepada masyarakat. Baru setelah masyarakat mengenal image produk Anda, mereka baru mengambil keputusan untuk membeli.

Proses endorse artis sebenarnya juga lebih ke branding. Anda mengeluarkan beberapa kali budget besar untuk beberapa kali endorse, sebenarnya itu berfungsi lebih ke arah branding. Terlalu sulit jika Anda langsung mengharapkan profit setelah endorse. Tapi jika produk Anda sering dipakai dan dipromosikan artis, tentunya bisa menambah nilai jual pada produk Anda.

5) Sekali Endorse, Sebaiknya Lakukan Endorsement Lagi Sebulan Kemudian Hingga Beberapa Kali Endorsement

Proses branding itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika sekarang Anda melakukan endorsement tanpa dibantu dengan iklan di media lain (Facebook Ads/Instagram Ads), dalam jarak beberapa minggu customer Anda bisa habis. Anda harus endorse lagi untuk mendapatkan customer baru dari artis yang berbeda.

Begitu seterusnya hingga masyarakat berpikiran bahwa produk Anda adalah produk yang baik dan worth to buy, karena sering sekali dipakai dan dipromosikan oleh artis-artis.

Baca Juga: 4 Teknik Riset Artis dan Selebgram Untuk Promosi

6) Sebaiknya Lakukan Endorse Jika Bisnis Anda Sudah Mendulang Banyak Profit

Mengingat endorsement membutuhkan banyak budget, sebaiknya lakukan endorsement setelah bisnis Anda menghasilkan keuntungan yang banyak. Sisihkan sekian juta dari keuntungan Anda setiap bulan untuk endorse ke artis-artis. Ingat, bisnis itu ujung-ujungnya profit. Jika belum mampu endorse, tidak usah maksa daripada malah merugi.

 

BUNDLING DICOUNT 5 BUKU : ALONA STORE PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here