Sebelum mencapai kesuksesan beriklan di Facebook maupun Instagram, tentunya kita dianjurkan dulu untuk split test guna mengetahui campaign dan interest mana yang sesuai untuk produk kita. Tapi meskipun sudah split test berulang-ulang, tidak sedikit pula pengusaha atau adevertiser yang tetap merugi dan belum profit.

 

Jika Anda merasa iklan Anda terus boncos, coba evaluasi. Jangan-jangan Anda masih memiliki kesalahan seperti di bawah ini :

Tidak mau mengecek apakah produk tersebut laris dijual atau tidak?

Tidak semua produk laku dijual di Facebook atau Instagram. Ada jenis produk yang laku dijual di Facebook tapi tidak laku ketika dijual di Instagram, ada juga yang sebaliknya. Jika produk Anda tidak laku dijual di Facebook, ya jangan memaksakan untuk berjualan di sana. Percuma Anda split test dengan beragam cara jika pangsa pasar Anda tidak ada di Facebook.

Kurang memahami copywriting yang baik 

Copywriting memang tidak bisa langsung mahir. Diperlukan latihan terus menerus untuk mengasah skill kita. Cobalah cek dan evaluasi kembali jika iklan Anda masih sering boncos. Jangan-jangan teknik copywriting Anda masih kacau. Belajar ulanglah kepada pakar copywriting. Coba intip-intip cara penulisan campaign bisnis lain yang menurut Anda copywritingnya bagus. Siapa tahu ada hal baru yang bisa dipelajari dari sana.

Malas membuat gambar atau video yang menarik

Anda tidak bisa fotografi ataupun videografi tidak bisa menjadi alasan untuk tidak membuat gambar/video yang bagus untuk iklan Anda. Coba amati bagaimana video atau gambar yang bagus untuk sebuah iklan. Jika gambar atau video Anda masih jelek, jangan malas untuk membuat gambar atau video yang bagus. Tools, aplikasi editing, dan jasa videografer atau fotografer sudah banyak bertebaran. Tinggal kita saja yang mau proaktif untuk menggunakannya atau tidak.

Cepat menyerah saat split test

Dalam split test tahap awal, tentunya tidak ada jaminan iklan Anda segera profit. Terkadang dibutuhkan usaha berlebih untuk menemukan winning campaign. Jika Anda terlalu cepat menyerah, bagaimana Anda bisa menemukan winning campaign tersebut? Jangan cepat menyerah saat split test. Albert Leonardo saja membutuhkan waktu 10 bulan untuk menemukan campaign yang profit.

Panik saat iklan ‘boncos’

Iklan yang tidak untung alias boncos bisa berpotensi membuat kita panik. Terutama jika dana yang kita miliki semakin menipis. Di saat seperti ini datang, jangan terburu-buru panik sehingga sembarangan mengambil keputusan. Berhentilah sejenak untuk menenangkan diri.

Jika sudah tenang, Anda bisa berfikir langkah selanjutnya yang harus Anda ambil apa untuk menyelesaikan permasalahan iklan Anda. Hindari mengambil keputusan di saat panik. Karena keputusan yang berdasarkan emosi biasanya tidak akan membawa dampak baik bagi usaha. Bisa jadi malah memperkeruh keadaan.

Tidak mau sering-sering belajar

Tidak bisa dipungkiri, dalam beriklan dan berbisnis kita harus banyak-banyak menimba ilmu. Baik dari teman, mentor, buku, ataupun seminar. Begitu juga ketika Anda bermain Facebook Ads. Jangan nekad untuk berjalan sendiri. Cobalah cari teman yang bisa diajak sharing supaya bisa bertukar pikiran. Jangan lupa juga untuk selalu belajar kepada orang yang lebih ahli. Follow semua akun social media mereka dan rajin-rajinlah membaca blog atau video yang mereka buat.

 

- WEBINAR GRATIS : ALONA PRESENTS
Jualan di Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here