Apakah Anda pernah belanja melalui Instagram?
Jika jawabannya iya.
Apa yang membuat Anda tertarik untuk belanja?
Apa karna harganya yang terjangkau, mudah atau produknya sedang trend?
Yap, di era yang serba modern seperti saat ini, hampir semua orang memiliki gadget.
Gadget sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa orang.
Karena, dari gadget tersebutlah, semua hal bisa menjadi mudah.
Mulai dari mencari informasi melalui internet, berbagi lewat sosial media, menjual barang, membeli barang, dan sebagainya.
Sosial media merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan.
Mungkin Anda salah satu penggunanya?
Yap, dari yang muda hingga yang lanjut usia pasti memanfaatkan sosial media sebagai media informasi atau sekedar mencari hiburan.
Apakah Anda tau?
Ternyata sosial media yang paling banyak digunakan di dunia yaitu, Facebook, Twitter, Youtube, Snapchat, Instagram dan sebagainya.
Instagram merupakan salah satu sosial media yang penggunanya cukup banyak loh.
Di Indonesia sendiri pengguna aktif Instagram mencapai 69 juta.
Kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan Facebook dan Snapchat.
Dengan jumlah pengguna yang cukup banyak, Anda bisa manfaatkan Instagram bukan hanya sebagai media untuk berbagi.
Namun, Anda bisa manfaatkan sebagai cara menghasilkan uang dari bisnis online.
Mungkin Anda tidak asing dengan istilah “online shop”?
Online shop merupakan perdagangan melalui media online.
Dan, biasanya online shop ini banyak memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran produk.
Yang biasa disebut dengan Instagram Marketing.
Instagram marketing adalah kegiatan untuk menjual atau memasarkan katalog produk Anda menggunakan akun Instagram sebagai media pemasaran.
Kenapa harus Instagram?
Seperti yang sudah dijelaskan, Instagram memiliki pengguna yang cukup banyak.
Peluang yang sangat bagus untuk Anda memulai berjualan melalui Instagram.
Untuk memaksimalkan akun Instagram Anda, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan akun pribadi sebagai media pemasaran katalog produk.
Karena, akan menyebabkan Anda tidak fokus pada proses penjualan.
Nah, lalu apa aja sih keunggulan Instagram dibandingkan sosial media lainnya untuk berjualan?
Inilah keunggulan berjualan di Instagram:

1. Murah  

Sangat murah, karena Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk biaya sewa tempat.
Cukup menggunakan handphone Anda bisa berjualan kapan saja dan dimana saja.

2. Mudah

Aplikasi beserta fitur-fiturnya sangat mudah digunakan.

3. Efektif

Sangat efektif untuk menentukan target pasar Anda.

4. Efisien

Sangat efisien dalam menghemat waktu dan uang.
Dalam Instagram banyak fitur-fitur yang dapat membantu untuk Anda berbisnis online, diantaranya:

1. Bio

Buatlah Bio dengan semenarik mungkin karena hal pertama yang diperhatikan oleh pengunjung adalah Bio.
Karena, Bio berfungsi sebagai fitur informasi sebuah akun.
Selain itu, Bio juga berfungsi untuk pengenalan siapa Anda, produk apa yang Anda jual dan sebagai identitas toko online Anda.

2. Link Order

Merupakan link CTA (Call To Action) agar pembeli bisa langsung memesan tanpa harus add nomor Whatsapp atau Line Anda secara manual.

3. Feed

Post feed berfungsi sebagai media informasi berupa katalog produk.
Untuk katalog produk itu sendiri adalah post feed Instagram yang berisi gambar-gambar produk yang kalian jual.
Siapkan minimal 100 gambar katalog.
Setiap katalog di isi dengan keterangan produk yang anda jual.
Selain itu, feed berfungsi sebagai edukasi sebuah produk yang berupa engagement building.
Lalu, apakah itu Engagement Building?
Yaitu berisi berbagai macam konten Instagram yang berfungsi sebagai media berinteraksi dengan pengguna.
Sebuah akun Instagram yang isinya hanya katalog produk akan membosankan.
Anda harus rutin membuat konten agar menarik minat yang berkunjung.
Siapkan minimal 50 konten untuk di posting di akun Instagram Anda.
Biasanya konten-konten yang banyak diminati adalah, komedi, meme, sekilas informasi dan video singkat.
Untuk memaksimalkan feed Anda, Anda bisa membuat kolase foto produk Anda secara detail.
Mulai dari tampak depan, belakang, samping kanan maupun kiri.
Ini sangat lebih efektif dan dapat memudahkan pembeli Anda melihat secara detail dalam satu waktu.
Banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membuat feed Anda terlihat lebih menarik.
Apa aja sih aplikasinya?

1. PhotoGrid

Adalah aplikasi foto kolase yang dapat membantu Anda untuk menggabungkan beberapa foto bahkan dengan gaya dan efek yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Canva

Jika Anda ingin membuat design untuk logo, packaging, promotion dan sebagainya.
Canva merupakan aplikasi yang sangat cocok.
Karena, aplikasi ini memang dirancang khusus untuk desain grafis.

3. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi yang terbilang cukup lengkap untuk pengeditan foto.
Anda bisa mengedit, collage picture, bahkan Anda bisa menggambar sendiri loh.
Sangat menarik bukan?
Anda bisa langsung menyimpan di perangkat Anda atau bisa langsung membagikannya ke sosial media.
Oh iya, jika Anda ingin memaksimalkan pengeditan foto, Anda harus terhubung dengan internet ya.

4. Watermark

Tidak berbeda jauh dengan PicsArt, aplikasi ini akan sangat membantu Anda untuk menandakan bahwa itu adalah produk Anda.
Karena persaingan yang semakin ketat, sebisa mungkin untuk memberikan watermark agar pesaing Anda tidak mudah untuk mengambil foto Anda.
Anda bisa berikan watermark pada foto produk Anda berupa logo atau nama toko online Anda.

5. VSCO

Siapa yang tak mengenal aplikasi ini?
Aplikasinya generasi milineal ini membuat foto Anda akan semakin terlihat aestetic, karena pemilihan filter yang beragam, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.
Bahkan dengan aplikasi ini feed Anda bisa terlihat sama dalam hal pewarnaan.

4. Hastag

Merupakan salah satu hal terpenting dalam melakukan promosi karena akan mempermudah pencarian produk yang Anda jual.
Selain berfungsi sebagai mempermudah pencarian produk.
Inilah beberapa fungsi hastag yang Anda harus pahami, adalah:
  • Mempermudah semua orang menemukan postingan Anda
  • Mempermudah pencarian lokasi
  • Mempermudah pencarian target pembeli
  • Mempermudah promosi produk
  • Menjangkau pembeli yang lebih luas
  • Dapat banyak followers/likes
Sesuai dengan algoritma terbaru Instagram penggunaan hastag yang relevan maksimal adalah 3 hastag.

5. Caption

Caption merupakan tulisan yang disisipkan pada sebuah gambar.
Dari caption tersebut Anda bisa menjelaskan tentang produk Anda dengan pembeli.
Sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan penggunaan caption dengan sebaik mungkin.
Karena, banyak fungsi caption yang dapat membantu penjualan Anda meningkat, diantaranya:

1. Sebagai Media Promosi

Jika strategi Anda adalah jualan, gunakan kata-kata yang mengundang reaksi pembeli untuk segera membeli.
Sebagai contoh, Sale, Cuci Gudang, Promo Khusus dan sebagainya.

2. Media Informasi

Caption sebagai sarana komunikasi dengan audience/followers.
Idealnya jika Anda di Instagram Anda harus membangun hubungan Anda dengan audience.

3. Informasi Produk Yang Anda Jual

Anda bisa menggunakan caption sebagai media informasi tentang produk yang Anda jual, kelebihan dan kekurangan sebuah produk.
Tonjolkan keunggulan produk menggunakan bahasa yang menarik.
Dan, akan sangat lebih baik jika diberi sedikit copywriting yang menjual.
Selain fitur-fitur diatas, Instagram memiliki fitur lainnya, yaitu:

1. IGTV

Mungkin Anda pernah dengar fitur tersebut?
Yap, fitur terbaru Instagram ini di desain khusus untuk pengguna yang ingin membuat video dengan durasi yang panjang.
Konsepnya pun di adaptasi oleh Youtube.
Anda juga bisa loh memanfaatkan fitur ini sebagai media Anda dalam berbisnis online.

2. Instastory

Instastory merupakan video singkat atau berisi gambar untuk cerita Anda, bisa juga Anda manfaatkan sebagai fitur informasi kegiatan online shop Anda.
Instastory bisa menjadi fitur yang sempurna bagi para pebisnis untuk mengasah kreatifitas dan menciptakan foto dan video yang menarik perhatian pembeli.
Banyak keunggulan dari Instastory jika Anda menggunakan secara maksimal.
Apa aja sih keunggulannya?

1. Jumlah Pengguna Yang Cukup Banyak

Pengguna harian Instastory mencapai 250 juta.
Jika Anda memasarkan produk Anda melalui Instastory ini akan berefek pada bisnis Anda juga loh.

2. Instastory Banyak Dilihat User

Karena tata letaknya berada diatas new feed, ini yang dapat men-trigger orang-orang untuk membuka Instastory.
Inilah yang membuat Instastory lebih unggul.
Semakin banyak followers Anda melihat Instastory Anda, semakin sering stories Anda muncul di feed mereka.

3. Bisa Menginput Hastag

Bukan hanya di caption saja Anda bisa menggunakan hastag, namun sekarang di Instastory Anda pun bisa menyelipkan hastag.
Jadi, calon pembeli Anda akan lebih mudah mencari Anda.

4. Dapat Memasukkan Link

Jika Anda memiliki followers mencapai 10.000, Anda akan lebih mudah untuk menyematkan link berupa artikel, promo e-book gratis dan sebagainya.
Dan para followers Anda bisa men-swipe up link yang tersebut.
Hal ini membantu Anda dalam meningkatkan penjualan.

5. Menjaga Brand Awareness

Rajinlah untuk membuat konten Instastory yang menarik dan bermanfaat, jika Anda sering melakukannya, perlahan-lahan brand Anda akan di kenal.

3. Tautan/tag

Fitur untuk mengetahui akun-akun yang menautkan Anda dengan akun mereka.
Contohnya, yaitu ketika pembeli yang sudah membeli produk Anda dan mereka mempostingnya lalu men-tag Anda.

4. Comment

Fitur komentar merupakan fitur yang harus Anda manfaatkan untuk berinteraksi dengan pembeli Anda, jika Anda sering melakukan interaksi maka nilai engagement Anda akan semakin meningkat.

5. Like

Fitur ini berfungsi untuk para followers yang menyukai feed Anda.
Oke, inilah cara jualan laris di Instagram:

1. Menentukan Produk Yang Ingin Di Jual

Sebelum menentukan produk apa yang ingin Anda jual, Anda harus riset terlebih dahulu.
Karena, riset merupakan kunci utama.
Dengan riset Anda bisa dapat 3 hal penting, diantaranya:
  • Menentukan dan memilih produk mana saja yang akan Anda jual lewat Instagram
  • Berapa orang yang mencari atau membutuhkan
  • Berapa jumlah kompetitor Anda
Manfaatkan riset sebelum mulai berjualan, diantaranya:
  • Mengetahui seberapa besar kebutuhan pasar dan banyaknya kompetitor
  • Mengetahui username yang tertarget dan ideal untuk di jadikan nama toko online
  • Memahami siapa yang menjadi target audience untuk membuat konten yang sesuai dengan target market
  • Mengetahui hastag yang tertarget dan sesuai dengan produk yang Anda pasarkan
Riset produk sangatlah penting apalagi kalau Anda belum memiliki modal besar untuk stok barang Anda bisa menjadi dropshipper dan melakukan riset produk di marketplace.
Atau Anda bisa bergabung di dropshipaja.com yang merupakan supplier produk print on demand yang sudah terbukti laku dan mudah menjualnya.

2. Membuat Sebuah Akun Instagram

Pastikan Anda buat akun Instagram khusus untuk berjualan.
Dan, nama akun Anda pun harus sesuai dengan katalog produk yang Anda jual.
Seperti contoh diatas, akun Instagram ameliasoftware yaitu merupakan akun yang menjual tools automation untuk Instagram Anda.

3. Menentukan Username Tertarget

Dalam memilih nama akun atau username ada dua pilihan yang bisa Anda pilih.
Yang pertama adalah, username harus di isi dengan brand atau merk produk yang Anda jual.
Sebagai contoh, @ameliasoftware, @masroni, @dropshipaja dan sebagainya.
Yang kedua, username di isi dengan kata apa saja atau username jualan, yang penting ketika orang searching, akun Anda bisa muncul.
Sebagai contoh, @barang.unik, @barangunikhits, @barangunik.smd dan lain-lain.

4. Membuat Profile Photo Instagram

Profile Photo Instagram bisnis biasanya berupa logo toko online Anda, sama halnya dengan username menggunakan profile photo yang sama di semua profile media sosial Anda akan membantu orang-orang mengenali brand Anda.
Perlu Anda ingat bahwa profile photo Instagram Anda memiliki format lingkaran, sehingga pastikan terlebih dahulu bahwa gambar Anda terlihat baik di format itu.
Instagram menyarankan ukuran diameter 110 pixel untuk gambar Anda.
Tetapi supaya lebih aman, ada baiknya Anda menggunakan gambar yang lebih besar karena akan menjadi lebih besar jika dibuka di dekstop.
Banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membuat logo toko online Anda menjadi menarik.
Anda bisa menggunakan Canva.com, Watermark dan sebagainya.

5. Mengisi Detail Bio

Dalam pengisian Bio tidak boleh asal-asalan harus terstruktur agar semua informasi jelas.
Inilah struktur Bio untuk Online Shop:
  • Nama toko yaitu keterangan produk yang Anda jual harus singkat, padat dan jelas.
  • Branding toko
  • Penjelasan tentang produk
  • Tata cara order
  • Info pengiriman
  • Kurir yang digunakan

6. Menyiapkan Katalog Produk Yang Ingin Dijual

Ini merupakan hal terpenting dalam berjualan di Instagram.
Sebisa mungkin Anda membuat foto katalog produk tersebut menjadi menarik.
Karena akan sangat mempengaruhi peningkatan engagement produk Anda.
Setelah Anda menyiapkan produk, Anda bisa mulai untuk memposting katalog produk Anda.

7. Menentukan Konten

Buatlah sebuah konsep/tema. Fokuskan agar akun Anda mengundang target audience Anda untuk datang berkunjung.
Jika Anda menjual produk custom yang diperuntukkan untuk para dropshipper, pikirkan konten yang relevan seperti tips sebagai seorang pebisnis, tips mencari supplier, tips mencari produk dan sebagainya.
Jika Anda menjual produk desain, pikirkan sebuah konsep desain, tentukan siapa pasar yang Anda target, minat pasar Anda karena setiap usia memiliki mintanya sendiri-sendiri.
Artinya berfikirlah sekreatif mungkin, rapihkan katalog Anda agar nyaman di lihat, Anda tidak perlu melakukan spam atau memiliki banyak akun agar penjualan Anda meningkat.
Cukup memikirkan strategi marketing yang tepat dengan yang target Anda.
Nah, setelah Anda tau cara jualan di Instagram.
Anda bisa langsung mengikuti step-step untuk memposting produk Anda.
Inilah step-step untuk memposting katalog produk di Instagram:
  1. Anda buka akun Instagram yang telah Anda buat.
  2. Klik tombol (+) untuk menambahkan foto/video, lalu pilih foto produk yang Anda inginkan.
  3. Setelah itu, Anda pilih filter ataupun Anda ingin mengeditnya, jika itu diperlukan.
  4. Lalu, Anda bikin caption yang berisi informasi tentang produk tersebut, mulai dari jenis produk, kelebihannya dan sebagainya. Jangan lupa untuk menambahkan hastag yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Agar para konsumen bisa dengan mudah mencari produk Anda. Dan setelah itu, Anda klik tombol share.
  5. Dan terakhir, foto produk Anda telah terpublish dan Anda pun siap untuk menerima orderan.
    Yap, bisnis online merupakan bisnis yang paling menjanjikan.
    Karena, di era yang serba digital ini sudah banyak orang menggunakan sosial media untuk berbisnis dan mencari kebutuhan yang mereka inginkan.
    Caranya yang mudah membuat ribuan orang berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan di sosial media khususnya Instagram.
    So, tunggu apa lagi?
    Jika Anda sudah mengikuti tiap tahap-tahap yang ada di atas.
    Sebisa mungkin lakukan dengan secara maksimal agar hasil yang diperoleh pun sesuai dengan apa yang Anda harapkan.
    Semoga berhasil! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here