Sejak muncul pada tahun 2010, Instagram telah menggemparkan dunia.

Hampir semua orang menggunakan platform ini.

Jelas bahwa Instagram tidak lagi hanya untuk penggunaan pribadi.

Sekarang ini Instagram juga digunakan untuk berjualan, ajang pamer dan menginspirasi orang-orang.

Aplikasi berbagi foto dan video ini dengan cepat berubah menjadi situs media sosial paling teratas.

Lebih dari setengah pengguna aktif Instagram mengunjunginya setiap hari.

Dan 35% mengatakan mereka mengunjunginya beberapa kali sehari.

Instagram juga dapat membantu Anda dalam mengembangkan toko online Anda dan memperkenalkan produk Anda.

Karena 70% pengguna Instagram menghabiskan waktu untuk mencari toko online favorit mereka.

Instagram bisa digunakan untuk mempromosikan produk Anda dengan cara yang mudah.

Namun, masih ada saja yang bingung untuk memulainya.

Instagram memang sangat mengunggulkan visual.

Banyak cara berjualan di Instagram, salah satunya adalah dengan mulai memposting konten yang menarik banyak pembeli.

Ada berbagai tipe postingan Instagram dan beberapa cara terbaik untuk menaikkan engagement Anda.

Tipe Postingan Di Instagram

Foto atau Gambar

Postingan paling umum di Instagram adalah posting gambar.

Penting untuk diingat bahwa pembeli Anda mencari postingan asli dari toko online Anda, bukan iklan yang terang-terangan.

Hindari memposting terlalu banyak foto produk Anda.

Anda bisa menyelinginya dengan konten-konten lain, seperti, quotes, motivasi, video lucu dan sebagainya.

Jika Anda ingin memposting foto produk Anda, Anda bisa menunjukkannya dalam sudut pandang yang berbeda.

Seperti contoh, produk yang Anda jual adalah produk sepatu.

Anda bisa menunjukkan foto atlet yang sedang memakai produk Anda, atau orang yang sedang berjalan dan sebagainya.

Sebisa mungkin jadilah kreatif!

Perhatikan konsep apapun yang menurut Anda akan bekerja dengan baik untuk toko online Anda.

Baca juga: Cara Mudah Download Foto Dan Video Di Instagram

Ada beberapa cara agar foto atau gambar Anda banyak disukai, diantaranya:

Tampilkan Behind The Scene

Posting gambar di balik layar akan memberikan pandangan berbeda tentang bisnis Anda yang biasanya tidak dilihat oleh pembeli Anda.

Seperti contoh:

Repost Konten

Memposting ulang foto dari pembeli Anda adalah cara mudah untuk membuat mereka terlibat dengan produk Anda.

Nah, cara ini akan membantu produk Anda semakin dikenal.

Pastikan untuk memberi tag atau kredit pada postingan tersebut.

Seperti contoh:

Education Konten

Education konten adalah konten yang menawarkan cara-cara ringan untuk pembeli Anda dalam melakukan atau membuat sesuatu.

Foto atau video biasanya menyajikan intruksi atau tutorial dengan cara yang cepat dan mudah diikuti.

Seperti contoh:

Influencer Konten

Postingan ini menggunakan ketenaran selebritas atau tokoh publik terkenal dalam mempromosikan produk Anda.

Dengan cara menyertakan visual dari Influencer yang menggunakan produk Anda.

Salah satu manfaat utama menggunakan jasa Influencer adalah mendapatkan perhatian dari calon pembeli lain.

Seperti contoh:

Baca juga: 4 Teknik Riset Artis Dan Selebgram Untuk Promosi

Posting Kalimat Motivasi

Posting kalimat motivasi merupakan cara yang sederhana untuk mendorong pembeli Anda dan memperkuat value dari toko online Anda.

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan engagement Anda, cobalah untuk memposting ini.

Seperti contoh:

Konten Buatan Pengguna

Cara mudah untuk membedakan toko Anda dengan yang lain adalah postingan yang Anda buat sendiri.

Anda bisa menggunakan hastag khusus untuk produk Anda.

Nah, dengan begitu, followers Anda lebih mudah mengenali Anda.

Seperti contoh:

Trend Konten

Posting konten yang sedang trend akan menambah daya tarik untuk followers Anda.

Cara yang bagus untuk meningkatkan engagement Anda.

Karena postingan yang sedang trend lebih banyak mendatangkan interaksi dan likes yang cukup banyak.

Seperti contoh:

Setelah Anda menentukan tipe postingan apa yang ingin Anda gunakan, selanjutnya ada beberapa cara untuk memastikan konten Anda berhasil.

Ukuran Foto Instagram

Tidak seperti platform media sosial lainnya, tata letak gambar, fokus pada kualitas bukan kuantitas.

Karenanya, penting untuk menggunakan gambar beresolusi tinggi pada Instagram Anda.

Gambar persegi harus 1080 x 1080px.

Gambar landscape harus 1080 x 566px, dan gambar profil harus 1350 x 1080px.

Terlepas dari ukuran apa yang Anda pakai, setiap gambar akan ditampilkan berbentuk kotak dalam timeline Instagram Anda.

Cara Mengambil Foto Dengan Smartphone Anda

Bagaimana cara mengambil foto dengan sempurna, berkualitas tinggi tanpa kamera yang berkualitas tinggi juga?

Jangan khawatir!

Kamera smartphone sekarang tidak kalah canggih dengan kamera yang harganya puluhan juta.

Anda dapat mengambil foto yang menarik perhatian followers Anda hanya dengan menggunakan alat yang sudah Anda miliki.

Berikut adalah beberapa tips mengambil foto yang bagus dengan kamera smartphone:

Fokus Pada Satu Subjek

Latar belakang yang penuh dengan beberapa subjek dapat mengalihkan perhatian dari fokus Anda.

Itu bahkan dapat membingungkan followers Anda.

Fokuslah pada satu subjek di setiap foto Anda.

Anda bisa menghapusnya dengan “crop” atau “blur” di latar belakang foto Anda.

Carilah Perspektif Yang Menarik

Untuk membuat foto yang menarik dan fresh, Anda hanya perlu menampilkan gambar dari berbagai perspektif.

Ubah perspektif pengambilan gambar Anda.

Bereksperimenlah dengan sudut pandang yang berbeda untuk menemukan perspektif baru.

Gunakan Pencahayaan Alami

Pencahayaan yang overhead dapat menciptakan bayangan yang tidak diinginkan dalam foto Anda.

Untuk mencegah hal itu terjadi, gunakan pencahayaan alami.

Cobalah mengambil foto di sebelah jendela, dan untuk pengambilan gambar, Anda bisa lakukan di luar ruangan, setengah jam sebelum matahari terbenam dan setelah matahari terbit.

Menambahkan Filter Dan Mengedit Foto

Pernah bertanya-tanya mengapa beberapa foto terlihat begitu menarik?

Mungkin itu ada hubungannya dengan bagaimana foto tersebut diedit.

Mengedit foto hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan dapat berdampak besar pada kualitas foto Anda.

Berkat alat dan filter bawaan Instagram, mengedit foto menjadi sangat sederhana.

Selain itu, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi maupun software untuk mengedit foto Anda.

Seperti, VSCO, PhotoGrid, Canva, PicsArt dan sebagainya.

Video

Selain foto, Anda bisa mengunggah video di Instagram, asalkan durasinya satu menit atau kurang dari itu.

Anda dapat mengunggah video yang sudah Anda edit dari komputer Anda atau video yang telah Anda edit di aplikasi yang Anda gunakan.

Tipe Video Di Instagram

Boomerang

Boomerang adalah tipe video yang membutuhkan tiga detik untuk memutar pergerakan Anda.

Jenis postingan ini sangat menyenangkan untuk situasi ketika Anda sedang melompat, berlari, berjalan dan sebagainya.

Anda juga dapat menginstall aplikasi Boomerang secara terpisah dari Instagram.

Hyperlapse

Untuk tipe video ini, Anda bisa mengunggahnya dengan durasi yang cukup panjang.

Caranya, Anda hanya perlu tekan sekali tombol lingkaran dan mulai merekam.

Setelah selesai merekam, Anda dapat memilih kecepatan pemutaran antara 1x dan 12x.

Anda bisa menyimpan video Hyperlapse terlebih dahulu untuk diunggah nanti atau Anda bisa langsung mempostingnya.

Instagram Stories

Instagram Stories biasanya menampilkan cerita dalam bentuk gambar maupun video.

Seperti Snapchat, Instagram Stories akan menghilang setelah 24 jam.

Cara Posting Instagram Stories Anda

Instagram menawarkan dua opsi untuk memposting Stories Anda.

Anda dapat klik gambar kamera di kiri atas, atau cukup geser ke kanan untuk mengakses kamera.

Ada beberapa fitur pendukung untuk Stories Anda, diantaranya:

  • Siaran langsung: Langsung menampilkan konten yang Anda buat untuk di tonton followers Anda
  • Teks: Anda bisa gunakan teks untuk menulis apa yang ingin Anda tulis
  • Musik: Pasang klip musik pilihan Anda ke gambar atau video
  • Superzoom: Menambahkan zoom animasi ke video
  • Fokus: Berfokus pada subjek
  • Putar balik: Memutar video secara terbalik
  • Hands-Free: Memungkinkan Anda mengambil video tanpa harus menahan tombol rekam

Untuk menggunakan filter, Anda bisa geser ke kiri atau kanan.

Pilih ikon pena untuk memilih warna dan menambahkan coretan.

Tekan ikon Aa untuk menambahkan teks dengan keyboard Anda.

Anda bisa menambahkan lokasi dimana Anda sedang berada, GIF, musik, polling, dan banyak lagi fitur menyenangkan.

Instagram juga dapat menandai akun lain di Stories Anda, yang merupakan cara terbaik untuk terhubung dengan bisnis lain dan followers Anda.

Untuk memberi tag pada seseorang, ketik “@” diikuti dengan nama pengguna yang ingin Anda sebutkan.

Ini membuat “tag” dapat diklik sehingga followers dapat mengunjungi profil yang Anda “tag”.

Dan, Anda juga akan menerima pemberitahuan jika Anda di “tag” dalam Stories orang lain.

Setelah itu, Anda bisa tekan ikon “Your Story” atau Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu.

Stories Anda akan muncul di bagian atas timeline Instagram Anda.

Untuk melihat siapa yang melihat Stories Anda, geser ke atas saat melihat Anda melihat Stories Anda.

Instagram Stories memberikan peluang besar untuk toko online Anda agar mudah ditemukan.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya apakah dalam berbisnis harus menggunakan Instagram Stories, maka jawabannya adalah “Ya.”

Karena ini merupakan salah satu cara jualan laris di Instagram.

Baca juga: 7 Strategi Memanfaatkan Fitur Instagram Story Untuk Bisnis Anda

Siaran Langsung

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Instagram memiliki fitur siaran langsung.

Untuk memulai siaran langsung, buka kamera Instagram Anda, geser ke pengaturan Live, dan klik tombol untuk Mulai Siaran Langsung.

Setelah Anda memulai siaran langsung, setiap siaran Anda berlangsung, followers Anda akan menerima pemberitahuan bahwa Anda sedang siaran.

Followers Anda juga bisa langsung mengomentari siaran Anda dengan menggunakan fitur obrolan yang sudah ada di siaran tersebut.

Anda bisa memanfaatkan siaran langsung untuk sesi Tanya & Jawab dengan followers Anda mengenai bisnis Anda.

IGTV

Instagram TV, atau IGTV, adalah fitur video terbaru Instagram.

Dengan IGTV, Anda dapat membuat video dengan durasi yang panjang.

Lalu, apa perbedaan antara Instagram Live dan IGTV?

IGTV adalah video yang diunggah, dan bisa Anda edit terlebih dahulu.

Kalau Instagram Live diunggah secara langsung.

Saat ini, video IGTV hanya dapat dilihat melalui smartphone saja.

Dengan 700 juta pengguna aktif setiap bulannya, tidak menutup kemungkinan bisnis Anda akan lebih mudah menjangkau banyak orang.

Mulai sekarang, Anda perlu belajar Instagram marketing dalam membuat konten dan tampilan visual yang menarik.

Dan tampilkan toko online maupun produk Anda dengan cara baru dan unik.

Optimalkan semua konten Anda, mulai dari, quotes, video lucu, motivasi dan sebagainya.

Dengan begitu, bisnis Anda akan semakin berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here