Facebook Ads merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh Facebook kepada para pebisnis untuk menawarkan atau mengiklankan sebuah produk. Beriklan di Facebook jauh sangat lebih  murah jika dibandingkan dengan beriklan di Televisi atau Radio yang kisaran tarifnya jutaan rupiah hanya untuk puluhan detik.

Kenapa saya katakan beriklan di Facebook murah? Bayangkan hanya dengan budget mulai dari 10 ribu rupiah perhari saja, promosi iklan kamu sudah bisa tayang dan dilihat oleh ribuan hingga jutaan orang.

Kelebihan lainnya beriklan di Facebook sangatlah tepat sasaran. Kalau Anda beriklan di Televisi atau Radio Anda tidak bisa meminta mereka untuk mengiklankan Produk Anda hanya untuk kalangan “A” saja atau mungkin kalangan “B” saja. Namun di Facebook, Anda bisa menayangkan iklan sesuka hati Anda untuk orang seperti apa saja dan sudah pasti tepat sasaran.

Untuk itu, langsung saja simak panduan cara beriklan di Facebook Ads secara lengkap berikut ini.

GRATIS Ebook 12 Tips Jago Facebook Ads >> DI SINI <<
alterntif text

Berikut Tutorial Cara Beriklan di Facebook Ads Lengkap dari A-Z:

Step 1 : Membuat Postingan di Fanspage untuk di Iklankan

Belum punya Fanspage di Facebook? Baca : Cara Membuat Halaman Facebook untuk Beriklan

1 . Buka halaman Fanspage Anda

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-z

2. Tulis status di Fanspage, berupa tulisan penawaran produk Anda dan gambar produk. Hanya untuk contoh disini saya menulis penawaran untuk di iklankan menjual “Smartwatch”. Jika sudah klik Publish.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zPastikan penulisan penawaran produk Anda menarik, sehingga menggugah perasaan orang-orang yang melihat promosi kiriman Anda nantinya di Facebook, tertarik untuk membelinya.

GRATIS Ebook 12 Tips Jago Facebook Ads >> DI SINI <<

Step 2 : Mengisi saldo pembayaran Facebook Ads pada “Business Manager”.

Belum punya akun Bisnis Manager di Facebook ? Baca : Cara Membuat Akun Bisnis Manager di Facebook 

1 . Kunjungi Bisnis Manager Facebook dengan mengklik tautan ini >> https://business.facebook.com/home/ . Kemudian klik menu berbentuk 3 garis menurun kebawah seperti digambar.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z2 . Muncul tampilan beragam fitur yang disediakan ‘Bisnis Manager” untuk memenuhi kebutuhan beriklan Anda di Facebook. Untuk mengisi tagihan pembayaran klik fitur “Business Settings”.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z

3. Muncul tampilan berbagai fitur “Business Settings” lalu klik “Payment”.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z4. Untuk menambahkan metode pembayaran iklan lalu klik “Add Payment Method”

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z5. Muncul tampilan “Select a Payment Method”, silahkan mengisi data kartu kredit Anda untuk membayar biaya tagihan, iklan di Facebook.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-zPenjelasan :

  • Billing Country : Karena tinggal di negara Indonesia maka pilih saja “Indonesia”.
  • Currency : Mata uang pembayaran disini saya memilih “Indonesia Rupiah”.
  • Card Number : Masukkan nomor kartu kredit Anda
  • Expiration : Untuk kolom “MM” dan kolom “YY” isi bulan serta tahun expired kartu kredit Anda.
  • Security Kode : Masukkan 3 digit angka CVV atau Card Verification Value biasanya terdiri dari 3 digit angka untuk kartu debit atau kredit jenis Visa®, MasterCard® dan Discover®. Kalau ada teman-teman yang menggunakan American Express®, jumlah CVV kartu kreditnya ada 4 angka. Rata-rata pengguna kartu kredit di Indonesia adalah Visa® dan MasterCard®.

Tidak punya kartu kredit ? Baca : Cara Bayar Iklan Facebook dengan ATM tanpa Kartu Kredit

Jika sudah selesai mengisi tagihan pembayaran iklan, klik Continue.

GRATIS Ebook 12 Tips Jago Facebook Ads >> DI SINI <<

Step 3 : Membuat Iklan di Facebook

1 . Buka akun “Business Manager” dengan mengklik tautan ini >>> https://business.facebook.com/home/ <<< . Kemudian klik menu bar berbentuk 3 garis menurun kebawah seperti digambar.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z2. Muncul beragam tampilan fitur “Business Manager”. Selanjutnya klik fitur “Power Editor”.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z3. Muncul tampilan menu “Power Editor” saatnya mulai membuat iklan dengan klik “Create Campaign”.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z

Kemudian setting Iklan Anda seperti dibawah :

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z

Catatan :

  • Campaign Name : Beri nama iklan Anda, untuk contoh ini Alona akan mengiklankan Smartwatch, jadi nama iklannya adalah “Smartwatch”.
  • Campaign Objective : Ada berbagai pilihan objective iklan, pilih saja “Post Engagement”. Post Engagement biasa disebut “PPE” itu alasan kenapa pada “campaign name” diatas Alona memberi nama “PPE-Smartwatch” sebagai pengingat  untuk Anda bahwa sedang menjalankan iklan jenis “Post Engagement”.
  • Adset Name : Beri nama Adset iklan Anda, untuk contoh saya memberi nama “Smartwatch-Adset” . Adset berfungsi untuk menyasar target iklan Anda muncul nantinya (Alona akan menjelaskan secara detail bagian ini pada tahap setting Adset).
  • Ad Name : Beri nama iklan Anda. Supaya lebih mudah beri nama saja “Smartwatch-Ads”

Jika sudah selesai klik “Save to Draft”.

4. Setelah “Create Campaign”, maka pada menu campaign (tahap 1), iklan ppe yang telah dibuat sebelumnya sudah muncul dengan nama “PPE-Smartwatch”. Selanjutnya klik iklan PPE tersebut.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-z5. Jika sudah mengklik iklan diatas maka secara otomatis Anda akan dialihkan ke menu “Ad sets” (Tahap 2). Sebelum mengaktifkan iklan kita harus setting bagian “Ad sets” dengan memberikan tanda centang lalu klik edit.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zSetelah klik edit diatas maka akan muncul tampilan “Editing Ad Set”

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zPenjelasan :

  • Daily Budget : Masukkan budget harian untuk iklan Anda, setiap harinya mau bayar berapa.
  • Schedule Start : Mulai menjalankan iklan pada tanggal berapa.
  • Schedule End : Iklan berhenti ditayangkan pada tanggal berapa.

Selanjutnya masih di menu “Editing Ad Set” silahkan scrool menu ke bagian bawah.

  • toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zLocation : Anda bisa memilih iklan mau tayang di negara mana. Untuk contoh saya memilih negara “Indonesia” dan bisa juga memilih kota tertentu saja untuk menayangkan iklan Anda.
  • Age : Umur usia berapa saja yang ingin Anda target agar bisa melihat iklan produk Anda di Facebook.
  • Gender : Bisa menentukan iklan Anda akan ditayangkan pada hanya laki-laki maupun wanita saja. Untuk contoh Alona memilih “All” agar iklan tayang pada semuanya.
  • Detailed Targetting : Ini adalah bagian terpenting. Anda bisa memasukkan “Interest/minat” tertentu agar orang yang melihat iklan Anda nantinya lebih specifik. Misalnya apabila Anda ingin berjualan kaos bola, maka pada “Detailed Targetting” Anda boleh memasukkan interest nama klub bola, agar produk yang di iklankan nantinya, bisa tepat sasaran dan terjadi kemungkinan penjualan kaos tersebut lebih tinggi.

Perhatikan tanda panah biru pada gambar diatas. Terlihat “Potential Reach” atau jangkauan iklan mencapai  97 juta (97.000.000) orang, tentu ini adalah pasar yang terlalu luas dan belum tentu cocok jika saya (untuk contoh) mengiklankan produk Smartwatch akan ketemu calon pembeli tertarget.

Solusinya adalah saya memasukkan interest yang berkaitan dengan produk smartwatch pada “Detailed Targetting”. Saya menuliskan dan memasukkan “Smartwatch” yang tersedia sebagai interest di Facebook kemudian meng-klik “Suggestions” untuk mencari interest yang berkaitan dengan smartwatch (Lihat gambar dibawah).

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-z

Selanjutnya saya memilah interest yang tepat dan masih berkaitan dengan “Smartwatch” untuk dijadikan interest pada “Detailed Targetting” (Lihat gambar dibawah).

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zPerhatikan gambar diatas, terlihat pada kolom yang saya beri tanda panah berwarna biru “Potential Reach” atau jangkauan telah menyusut dari 97 juta orang menjadi hanya 1.900.000 orang, meskipun jangkauannya mengecil, tapi ini adalah audience Facebook yang sangat tertarget untuk market Smartwatch.

Selanjutnya masih pada “Editing Ad Set” scrool ke menu bagian bawah yaitu “Placement”.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zPenjelasan Placements :

Placement adalah tempat mengatur posisi iklan Anda akan ditayangkan dimana saja seperti Instagram dan Facebook. Anda juga dapat mengatur penempatan iklan seperti tayang hanya pada pengguna Desktop saja atau pengguna Mobile saja.

  • Automatic Placements : Jika memilih menu ini maka iklan Anda akan ditayangkan otomatis  di Instagram dan Facebook secara bersamaan. Penempatan iklan dan semuanya sudah diatur secara otomatis oleh Facebook tanpa perlu repot diatur lagi.
  • Edit Placements : Jika memilih menu ini maka Anda dapat mengatur posisi iklan Anda akan ditayangkan dimana saja misalkan hanya Facebook saja tanpa Instagram. Penempatan iklan pun bisa kita atur sesuai kemauan.

Untuk contoh saya memilih “Edit Placements”. Saya memilih iklan saya hanya ditayangkan untuk pengguna Facebook dan penempatan iklan tayang hanya pada bagian “Feeds” saja. Cara menyeleksinya adalah dengan menghilangkan tanda centang dan memberikan tanda centang pada yang kita inginkan saja (Lihat gambar dibawah).

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zNotes :  Saat kita menambah/mengurangi penempatan iklan itu juga berpengaruh pada jumlah “Potential Reach” jangkauan audience iklan.

Selesai sudah bagian setting “Ad set”. Anda bisa menutupnya sementara dengan mengklik tombol panah ini.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zSelanjutnya klik lagi Adset (Contoh dibawah Smartwatch-Adset), agar dialihkan ke menu  Ads.toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-z6. Selanjutnya masuk menu Ads (Tahap 3).

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zBeri tanda centang pada Ads (contoh gambar dibawah nama Ads adalah Jualan Smartwatch) kemudian klik edit.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zPenjelasan :

  • Facebook Page : Pilih Fanspage yang dipakai untuk Anda gunakan beriklan di Facebook.
  • Page Post : Pilih postingan yang telah dibuat sebelumnya untuk digunakan beriklan.

Jika sudah selesai klik “Review Draft Items”.

Selanjutnya akan muncul otomatis jendela “Review Draft Items” lalu klik “Confirm”

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-z

Jika sudah “Confirm” maka status iklan kita pada kolom “Delivery” berubah menjadi “Pending Review”.toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zTunggu beberapa saat, maka akan ada notifikasi kalau iklan kita sudah berhasil disetujui Facebook dan status iklan pada kolom “Delivery” dari “Pending Review” berubah menjadi “Active” seperti gambar dibawah.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-zSekarang iklan Anda sudah aktif dan sudah berhasil dijalankan untuk menjangkau banyak orang melihat promosi produk Anda. Pada Newsfeed orang-orang yang ada dalam targetting iklan Anda mereka akan melihat iklan yang sudah Anda promosikan seperti gambar dibawah ini dengan label “Sponsored”.

toturial-cara-beriklan-di-facebook-ads-lengkap-dari-a-z

Anda sudah mengetahui cara beriklan di Facebook dari awal secara lengkap. Jika Anda mengalami kesulitan, Alona.co.id akan senang jika bisa Membantu Anda dengan berbagi kesulitan Anda pada kolom komentar di bawah ini. Selamat Mencoba!

GRATIS Ebook 12 Tips Jago Facebook Ads >> DI SINI <<

alterntif text

(Note: Ingin tahu lebih banyak tentang Facebook Ads dan Tips Facebook Marketing? Anda bisa  mendownload “Ebook 12 Tips Jago Facebook Ads” untuk mendapatkan berbagai strategi Facebook Ads dan Facebook marketing yang dapat membuat bisnis Anda semakin berkembang >> DI SINI <<

bisnis online bersama alona belajar bisnis online gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here