Siapa yang tidak mengenal sosok Kylie Jenner, anggota termuda dari keluarga Kardashian dan idola para generasi milineal tersebut baru-baru ini dinobatkan sebagai miliuner termuda lewat usaha sendiri versi majalah Forbes.
Dikutip detikFinance dari Forbes, Kylie yang berusia 21 tahun memiliki jumlah harta hingga saat ini (Juli 2018) mencapai US$ 900 juta atau sekitar Rp 13,5 triliun. Dengan jumlah harta yang dimilikinya, Kylie kemungkinan akan mengalahkan Bill Gates hingga Mark Zuckerberg yang sebelumnya memegang rekor miliuner muda pertama yang memiliki harta US$ 1 miliar lewat usaha sendiri pada usia 23 tahun.
Di zaman yang serba canggih ini siapapun bisa menjadi kaya raya hanya dengan memanfaatkan internet dan sosial media. Dan, Kylie Jenner merupakan salah satunya.
Di Instagram sendiri, Kylie memiliki jumlah pengikut sebanyak 117 juta, di Twitter pun pengikutnya mencapai hingga 25 juta. Tak hanya di Instagram dan Twitter, di platform sosial media lainnya juga pengikut Kylie terbilang banyak. Dengan jumlah pengikut yang cukup banyak, Kylie berhasil menaklukkan bisnis Kosmetik-nya yang sudah di rintis sejak remaja.
“Media sosial adalah platform yang luar biasa. Saya memiliki akses yang mudah ke penggemar dan pelanggan saya,” kata Kylie.
Kylie yang mengaku tidak percaya diri dengan bibirnya ini belajar tentang makeup melalui video Youtube dan sering mengamati para perias wajah professional untuk TV dan pemotretan. Kylie mengembangkan kebiasaan mengaplikasikan liner di luar batas alami bibirnya untuk menciptakan ilusi bibir yang lebih besar.
Karna kebiasaan tersebut, Kylie Jenner menjalankan salah satu perusahaan makeup-nya yaitu Kylie Cosmetics yang diluncurkan dua tahun lalu dengan lip kit atau perlengkapan lipstik yang terdiri dari set lipstik dan lip liner.
Sejak diluncurkan, Kylie Cosmetics telah berhasil membukukan pendapatan lebih dari US$ 630 juta. Penjualannya bahkan pernah tembus US$ 19 juta dalam satu hari.
Hasil yang diperoleh Kylie ini berasal dari memanfaatkan sosial media. Banyak dari pengikutnya adalah wanita dan gadis remaja. Sebuah target market yang sangat besar dan masif apalagi produk yang dijual merupakan produk kecantikan seperti lipstik. Hampir setiap jam, Kylie membuka Instagram dan Snapchat, untuk foto narsis dengan memberi keterangan tentang produk Kylie Cosmetics yang dikenakannya, mengambil video dari produk yang akan datang dan mengumumkan peluncuran produk baru.
Pada tahun 2014, pada usia 17 tahun, ‘Kylie Jenner Lip Challenge’ yang dipopulerkan oleh para remaja di sosial media menjadi viral. Karena pada tahun tersebut, Kylie secara berkala mempromosikan lipstik yang digunakannya di Snapchat dengan tagline ‘Kylie Lip Kits’.
Pada bulan Mei 2015, Kylie menyisihkan US$ 250.000 dari penghasilannya sebagai modal untuk membayar perusahaan luar yang menghasilkan 15.000 lip kit pertamanya. Kylie pun mengumumkan peluncuran produk tersebut melalui sosial medianya pada 30 November 2015.
Produk tersebut habis terjual dalam waktu kurang dari satu menit. Pengecer menawarkan produk tersebut US$ 29 hingga US$ 1.000 di eBay!
“Bahkan sebelum saya me-refresh halaman, semuanya terjual habis,” kata Kylie.
Hanya memiliki 7 orang karyawan dalam mengurus penjualan produknya, Kylie sadar bahwa bisnisnya bisa menjadi bisnis yang besar. Kylie pun menggunakan platform e-commerce Shopify untuk menjual produkya.
Di Oxnard dan Nanjing, China semua produksi dialihdayakan ke spesialis yang memang ahli dalam memproduksi kosmetik. Semua produk Kylie sekarang diformulasikan dan dibuat Perusahaan Induknya, Seed Beauty dan juga menangani hal lainnya, mulai dari pengemasan produk hingga pemenuhan pengiriman.
Dan secara keseluruhan, lebih dari 500 orang dipekerjakan di Kylie Cosmetics. Untuk aplikasi penjualan, menggunakan platform Shopifiy.
Tak hanya dari bisnis Kosmetik-nya, pendapatan Kylie lainnya juga diperoleh dari program TV dan menjadi bintang iklan produk seperti sepatu Puma dan pakaian PacSun. Kylie memulai debutnya pada program TV realitas keluarganya yaitu ‘Keeping Up With The Kardashians’ Kylie saat itu berusia 10 tahun. Dan acara tersebut masih berlangsung dan tetap menarik jutaan penonton.
Kunci sukses bisnis ala Kylie Jenner terletak pada pemanfaatan e-commerce dan sosial media. Banyak generasi milineal yang ingin seperti Kylie Jenner, muda, cantik dan sukses dalam hal berbisnis. Tapi kalian masih bingung mulai darimana? Mulai di dropshipaja.com dimana platform ini menyediakan jasa untuk memproduksi hingga melakukan pengiriman produk terhadap konsumen. Di dropshipaja.comsangat mempermudah kalian untuk menjalankan bisnis online yang meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Gimana caranya? Gampang! Kalian bisa kunjungi dropshipaja.comuntuk mendapatkan produk apapun sesuai keinginan kalian dan kalian ngga perlu pusing mikirin desain, produknya atau pengirimannya. Karna di dropshipaja.com semuanya pasti beres!
Halo semua. Kembali lagi bersama saya Aaron Blenda.
Phew! Cuaca di Tangerang akhir-akhir ini enak banget buat tidur.
Rainy! Yang bikin kesel itu adalah giliran ngga cuci...