Jika Anda ingin menjadi dropshiper, salah satu kunci terpentingnya adalah menemukan supplier yang tepat. Karena jika Anda salah dalam memilih supplier, maka secara otomatis bisnis dropship Anda akan hancur dan tidak mendapatkan kepercayaan penuh dari customer.

Sebelumnya saya ingin cerita terlebih dahulu tentang pengalaman saya menjadi dropshiper untuk pertama kali. Dulu istilah dropshiper ini belum populer, tapi saya telah menerapkan pola ini karena dulu tidak punya modal. Tapi diawal memulai menjadi dropshiper saya telah melakukan kesalahan karena keliru memilih supplier, sehingga membuat hilangnya kepercayaan pembeli kepada saya. Berikut ini adalah kenakalan yang dilakukan supplier saya dahulu kepada saya:

1. Mencantumkan Nama dan No Telepon Supplier

Supplier yang baik tidak akan mencantumkan nama atau nomor telepon dalam paket pengiriman, karena yang benar adalah mencantumkan nama OLshop dan nomor handphone kita. Jika supplier mencantumkan nama dan no telepon dirinya sendiri, berarti dia berbuat nakal dengan mencuri pembeli kita. Anda perlu hati-hati dalam memilih supplier.

 

2. Tidak Menerima Retur Barang

Saat barang tiba di pembeli, saya pernah dimarahi dan dimaki karena barang yang sampai adalah barang yang rusak. Saat saya komplain ke supplier, supplier tersebut tidak mau tahu dan ternyata supplier lebih galak daripada saya, padahal seharusnya saya yang marah-marah hahaha… Ada-ada saja. Tapi dari situ saya jadi banyak belajar, dan pengalaman ini saya share dalam buku ini, agar Anda tidak mengalami apa yang saya alami.

 

3. Slow Respon

Dalam proses berbisnis online, akan banyak buyer yang menanyakan ketersediaan produk. Nah, jika supplier Anda sangat slow respon, maka secara otomatis pembeli Anda akan dengan cepat pindah ke penjual lain karena lamanya Anda membalas pertanyaan calon pembeli.

Saya sudah sering mengalami hal ini sehingga hilangnya kesempatan saya untuk menjual lebih banyak. Semoga Anda tidak mengalami apa yang saya alami di masa lalu.

 

3 karakter tersebut harus Anda waspadai, karena sudah pasti akan membuat bisnis Anda sebagai dropshiper tersendat dan sulit untuk berkembang. Saya pribadi telah mengalami stuck menjadi dropshiper karena menemukan supplier yang tidak kompeten seperti yang telah dijelaskan diatas. Tetapi semua itu saya jadikan pelajaran untuk dibagikan kepada Anda agar Anda tidak merasakan kerugian yang sudah saya alami.

Karena supplier memiliki peranan sangat penting bagi Anda sebagai dropshiper, jadi sudah sewajarnya Anda seleksi ketat dalam pemilihan supplier agar bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat. Karena jika Anda tepat dalam memilih supplier, maka customer Anda akan puas dan Anda pun tenang.

Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih supplier:

 

1. Fast Respons

Kecepatan supplier dalam membalas chat atau pertanyaan kita adalah poin penting dalam pemilihan supplier. Semakin cepat respon mereka kepada kita, semakin cepat juga respon kita kepada calon pembeli. Karena masalah yang ada dalam proses penjualan itu banyak, dari pertanyaan stok barang, pertanyaan fitur produk, benefit produk, dan lain sebagainya.

Pilihlah supplier dengan kemampuan cepat membalas pertanyaan kita, semakin cepat semakin baik.

 

2. Berani Memberikan Garansi Produk

Supplier yang baik adalah supplier yang berani menggaransi produknya. Karena dalam prakteknya nanti kemungkinan akan ada kesalahan dalam pengiriman barang, atau cacat produksi yang membuat pembeli Anda ingin merefund barangnya. Jika supplier Anda berani memberikan garansi, maka retur barang pun mereka akan melayani dengan baik.

Jika Anda menemukan supplier yang berani menggaransikan produknya, maka Anda adalah orang yang beruntung. Karena banyak supplier tidak melakukan pelayanan sebaik ini, kebanyakan dari mereka fokus menjual barang murah tanpa memperhatikan pelayanan. Padahal yang terpenting dari penjualan adalah sebuah pelayanan, jika pelayanan supplier Anda baik, maka secara otomatis pelayanan Anda kepada customer pun akan baik. Karena telah membentuk support system yang bagus.

 

3. Update Stok Online

Kriteria supplier yang bagus selanjutnya adalah selalu update stok barang. Dengan updatenya stok barang secara real time, akan memudahkan Anda sebagai dropshiper mengetahui produk mana saja yang masih banyak, tinggal sedikit, dan sudah habis. Karena jika Anda sebagai dropshiper tidak mengetahui stok barang, akan kewalahan meretur orderan dari customer saat stoknya ternyata habis.

Dengan update stok secara real time, akan mudah bagi Anda mengalokasikan waktu dan energy untuk memasarkan produk yang stoknya masih banyak. Sehingga energi Anda tidak terbuang sia-sia.

 

4. Group Premium

Dalam dunia online akan selalu terjadi perubahan yang cepat dalam hal pola pemasaran, ataupun algoritma sosial media dimana tempat tersebut adalah chanel penjualan Anda. Dengan adanya group premium yang dimiliki oleh supplier, akan memudahkan Anda dan supplier untuk berbagi informasi dan ilmu sehingga ilmu digital marketing Anda bisa selalu update dan tidak ketinggalan zaman.

Memang tidak mudah menemukan supplier dengan support system seperti ini, tapi sekali saja Anda menemukannya, maka Anda menjadi orang yang beruntung karena bisa mendapatkan dual benefit, yaitu keuntungan menjual produk dan juga keuntungan upgrade ilmu secara gratis.

 

5. Marketing Kit Lengkap

Dalam dunia online, kekuatan terbesar untuk menjual barang adalah sisi visual. Carilah supplier yang memiliki katalog foto produk lengkap beserta banner dan juga bisa memberikan tutorial dalam editing gambar secara mudah. Dengan marketing kit yang lengkap, akan mudah untuk Anda sebagai dropshiper dalam melakukan penjualan.

 

6. Harga Kompetitif

Tujuan kita mencari supplier adalah agar bisa menjual barang dan mendapatkan untung. Oleh sebab itu carilah supplier yang memiliki harga bersaing, tapi jangan asal murah. Carilah yang kompetitif dan juga memenuhi kriteria yang sudah saya jelaskan panjang lebar diatas atau bahasa mudahnya, carilah supplier yang murah dan pelayanannya prima.

 

7. Sharing Ilmu Penjualan

Supplier yang baik adalah supplier yang support dropshipernya untuk maju dan berkembang, salah satunya adalah menyediakan materi berupa ilmu penjualan di dunia digital. Nah Anda harus menemukan supplier yang memiliki support system seperti ini, agar Anda tidak berhenti di tengah jalan karena tidak tahu cara menjual barang di dunia online.

Baca Juga : Cara Mencari Suplier Bagus untuk bisnis Dropship

 

Mencari supplier dengan ke 7 kriteria diatas memang tidak mudah, karena memang jarang supplier memberikan semua benefit tersebut untuk Anda. Saya pun sangat sulit menemukan supplier dengan kriteria tersebut. Tapi karena sulit menemukan, akhirnya saya membuat dropshipaja.com untuk mengakomodasi semua keinginan dropshiper seperti Anda dengan menerapkan ke 7 kriteria diatas dalam dropshipaja.com. Dan hal tersebutlah yang membuat banyak member dropshipaja.com memiliki income besar sebagai seorang dropshiper.

 

Karena pemilihan supplier ini sangat penting, jadi jangan sampai Anda salah memilih supplier setelah membaca tulisan ini. Karena saya tidak ingin kesalahan yang pernah saya lakukan akan terjadi juga pada Anda.

 

Keep fight!

 

Salam,

Rico Huang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here