Para pelaku bisnis saat ini, termasuk Anda. Mungkin akan melakukan hal apapun untuk membuat bisnis yang Anda jalankan berkembang, memanfaatkan Media Sosial atau mungkin Marketplace yang sedang booming saat ini. Ada salah satu cara yang sebenarnya bisa Anda manfaatkan di Media Sosial, dampak yang dilakukan dengan cara ini sebagian besar berhasil. Selama Anda mengetahui caranya dan melakukannya dengan konsisten.

Facebook Ads, ya benar. Yang saya maksud disini adalah Facebook Ads, dengan Facebook Ads Anda dapat menjangkau pengguna yang mungkin menjadi market Anda. Jangkauan Facebook Ads sangat luas, selama market Anda memakai Facebook. Maka Anda dapat membidik mereka saat Anda beriklan, kalau tidak menggunakan Facebook? Anda tetap bisa menjangkau dengan Instagram Ads.

Sampai saat ini, pengguna aktif Facebook masih banyak. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan market Anda dari Facebook, selain itu Facebook Ads juga bisa Anda jalankan dengan biaya yang terbilang murah. Facebook Ads memiliki banyak manfaat selain yang saya jelaskan diatas, beberapa manfaat lain dari Facebook Ads adalah:

 

1. Penargetan yang Efektif

Pihak Facebook menawarkan kepada Anda pilihan yang besar untuk penargetan dan penargetan ulang supaya Anda dapat menentukan market yang ingin Anda tuju secara detail, baik dari segi demografi, lokasi, perilaku, bahkan market yang menyerupai dengan market yang Anda ingin tuju dan detail yang lainnya.

Facebook juga memudahkan Anda untuk beriklan dan menghubungkan iklan Anda dengan Media Sosial lain, bahkan menurut saya. Fitur penggunaan didalamnya terbilang mudah digunakan, kenapa kok bisa dibilang mudah? Karena didalamnya Anda akan dipandu dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk menjalankan iklan Anda, dengan beberapa klik saja Anda sudah bisa beriklan di Facebook, Instagram, Messenger dan Audience Network sekaligus. Iklan pun dapat Anda atur sesuai keinginan, baik tampilan dekstop/komputer atau mobile/handphone. Semua kembali kepada Anda, Anda ingin mengatur bagaimana iklan Anda muncul di hadapan market Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan pixel tracking website di iklan Anda, jadi Anda dapat melihat produk mana yang banyak diminati oleh market Anda saat mereka mengunjungi website Anda melalui Facebook Ads yang Anda jalankan.

 

 

2. Keluasan jangkauan target

Seperti yang saya jelaskan di awal, Facebook Ads dapat menjangkau dimanapun market Anda berada. Karena perkembangan teknologi jaman sekarang, sudah membuat sebagian besar orang menjadi pecandu internet. Mereka jadi lebih mudah untuk mengakses akun Media Sosial mereka di genggaman, tidak seperti jaman dahulu. Yang mengharuskan didepan komputer untuk mengakses Media Sosial yang mereka miliki, jadi dengan Facebook Ads. Anda dapat dengan mudah menampilkan iklan Anda dihadapan mereka kapanpun mereka membuka Media Sosial yang mereka miliki, Anda juga dapat memasukkan iklan Anda ke pesan mereka secara massal. Jadi market Anda akan langsung melihat iklan Anda tanpa harus scroll halaman Media Sosial mereka.

Pengguna Facebook sendiri saat ini sudah mencapai lebih dari 1,74 pengguna, Anda bisa bayangkan bagaimana luasnya market yang Anda miliki jika Anda menggunakan Facebook Ads untuk memasarkan produk Anda. Dan kemungkinan penggunanya akan semakin meningkat seiring perkembangan teknologi yang akan datang, jadi jika Anda masih ragu menggunakan Facebook Ads untuk memasarkan iklan Anda. Coba Anda fikir lagi berapa banyak kerugian yang Anda dapatkan.

 

 

3. Analisis Target Untuk Iklan

Saat Anda menggunakan Facebook Ads, pihak Facebook akan memberi Anda laporan dari iklan yang Anda jalankan. Tapi tidak hanya itu, Anda juga akan dimudahkan untuk melihat laporan dari iklan Anda, baik dari segi analistik ataupun tinggi dari konversi market terhadap iklan Anda. Karena dengan laporan itu, Anda dapat merencanakan iklan Anda selanjutnya sesuai data yang diberikan oleh Facebook dari iklan Anda sebelumnya.

Anda dapat melihat laporan tersebut di halaman Facebook Anda, disana pihak Facebook akan memberi informasi secara transparant dari iklan yang dijalankan. Baik dari jangkauan mingguan, keterlibatan postingan dalam halaman Anda, postingan yang memiliki jangkauan besar karena banyak yang klik tombol like, postingan yang memiliki kinerja dengan baik dan lain – lain. Anda dapat melihat apakah penargetan Anda berhasil atau tidak.

Laporan seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk iklan selanjutnya yang akan Anda jalankan, selain itu Anda juga akan lebih menghemat waktu dan biaya karena target Anda lebih sesuai. Jadi Anda tidak perlu repot – repot atau berfikir apakah iklan Anda efektif atau tidak tanpa laporan, karena semua laporan akan Anda dapatkan untuk kepentingan iklan Anda.

 

 

4. Meningkatkan Brand Awareness

Biasanya kebanyakan orang akan membuka akun Facebook mereka beberapa kali dalam sehari, dan terbilang sering untuk mengaksesnya. Ini juga sebenarnya adalah keuntungan yang Anda bisa dapatkan jika menggunakan Facebook Ads, karena kemungkinan besar jika target market Anda dapat melihat berulang kali iklan yang Anda jalankan di Facebook Ads. Manfaatkan kebiasaan yang market Anda lakukan untuk memasarkan dan membuat market Anda tertarik dengan produk yang Anda jual.

Pahitnya, mungkin saja sekarang mereka tidak mengklik iklan yang Anda jalankan dan targetkan ke mereka. Tapi jika iklan itu terus – menerus atau berulang muncul di beranda mereka dan mereka lihat, itu akan membuat mereka merasa penasaran dengan iklan Anda. Dan bisa saja iklan Anda akan di klik bahkan terjadi konversi penjualan di iklan Anda.

 

 

5. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Kualitas dan keakuratan dari hasil iklan di Facebook akan terus mengalami peningkatan, kenapa? Karena pihak Facebook juga konsisten dalam mempelajari hal yang berkaitan dengan Facebook Ads yang mereka miliki, supaya pebisnis seperti Anda dapat menghasilkan keuntungan dari iklan yang Anda jalankan di Facebook. Dan saat ini, pihak Facebook sudah secara konstan membuat Anda semakin dimudahkan untuk mendapatkan market yang Anda inginkan.

 

 

6. Meningkatkan Penjualan Secara Konsisten

Semakin Anda sering beriklan di Facebook, maka bukan tidak mungkin. Penjualan untuk produk Anda akan meningkat, karena saat Anda menjalankan iklan di Facebook. Anda pun dapat menjangkau pengguna Instagram dan menargetkan pengguna yang menjadi market Anda, selama Anda menggunakan Facebook Ads untuk memasarkan produk Anda sesuai dengan market produk Anda. Maka semakin besar interaksi yang akan Anda dapatkan di halaman Anda, jika halaman Anda sudah memiliki banyak interaksi. Pihak Facebook akan membuat akun halaman Anda tampil di atas tab pencarian jika ada yang menggunakan kolom search untuk mencari produk sesuai dengan yang Anda jual.

 

Baca Juga : Tutorial Cara Beriklan di Facebook Ads Lengkap dari A-Z

 

Mulai sekarang coba lah untuk menggunakan media Facebook Ads untuk memasarkan produk Anda, karena Anda tidak akan tahu market terbanyak Anda ada di lokasi mana. Maka dengan Facebook Ads ini, Anda akan dapat menjangkau mereka dan memperkenalkan produk Anda didepan mata mereka melalui iklan yang Anda jalankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here